Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Cirebon-Bandung Beroperasi Sebelum Lebaran

Kompas.com - 16/06/2009, 08:58 WIB

CIREBON, KOMPAS.com - Rencana PT KA mengoperasikan Kereta Cirebon-Bandung hampir tiga bulan tertunda karena ada masalah non teknis yang harus diselesaikan.
     
"Pengkajian pengoperasian KA tersebut sebenarnya sudah dilakukan, tetapi masalah non teknis tersebut segera selesai dan diperkirakan sebelum lebaran tahun ini sudah bisa beroperasi," kata Kahumas PT KA Daop III Cirebon Rudi Efendi di Cirebon, Selasa.
     
PT KA dalam membuka jalur baru tersebut berdasarkan kajian dan masukan dari masyarakat Cirebon, bahwa perlu dibuka jalur tersebut. Selain  itu, Kereta Api dari Cirebon ke Bandung itu akan melewati Cikampek sebagai upaya PT KA yang kehilangan penumpang Jakarta-Bandung dengan adanya Tol Cipularang.
     
"Sejak ada jalan tol Cipularang, KA kehilangan penumpang 70 persen dari Bandung-Jakarta dan sebaliknya. Karena itulah, PT KA mencari jalur pengganti dan diyakini tidak akan mengambil calon penumpang angkutan lain, karena jalur perjalanan berbeda yakni malalui Cikampek," katanya.
     
Jalur baru tersebut diperkirakan sebelum lebaran sudah beroperasi karena menurut pengalaman tahun-tahun sebelumnya angkutan lebaran banyak yang menggunakan KA. Kondisi angkutan sekarang dari Cirebon ke Jakarta mencapai 1.500 penumpang pada hari biasa. Pada hari libur dan lebaran rata-rata bisa mencapai 7.500 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com