Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sapi Bermata Empat Bermoncong Dua Lahir di Pasuruan

Kompas.com - 07/06/2009, 14:11 WIB

PASURUAN, KOMPAS.com — Sapi berbentuk aneh lahir dari induk milik Marsulam (45), warga Dusun Klobukkulon, Desa Cobanjoyo, Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (6/6) pagi. Kepalanya bermoncong dua dan matanya empat.

Kelahiran anak sapi jenis keling berkelamin betina ini menggemparkan desa setempat. Bahkan dalam hitungan jam, kabar itu sudah sampai ke Kota Pasuruan.

Menurut pemiliknya, proses kelahirannya tidak terjadi sesuatu yang luar biasa. Namun malam menjelang melahirkan, induk sapi terkesan rewel. Dia seperti resah dengan proses kelahiran anaknya yang ketujuh itu. Sepanjang malam membuat suara gaduh.

“Mengetahui sapi saya gelisah seperti itu, saya tunggu saja dengan telaten hingga subuh. Karena saya sudah tahu induk itu memang waktunya melahirkan,” terang Marsulam yang setiap sapinya beranak selalu dijualnya ke pasar ini.

Baru sekitar pukul 09.00, anak sapi keluar dari rahim induknya. Namun, Marsulam dan istrinya setelah melihat wujud anak sapi yang baru lahir itu seperti berkepala dua dengan dua dahi, dua moncong, dan bermata empat. Dua mata bagian tengah posisinya hanya terpisah beberapa millimeter hingga nyaris berimpit.

Begitu anak sapi lahir, Marsulam dan istrinya berupaya mendekatkannya ke induknya agar dapat menyusui. Namun karena anak sapi itu kepala dan lehernya terlalu besar, membuatnya susah berdiri dan tidak dapat menyusu ke induknya.

Apa rencana Marsulam dengan sapi aneh itu? “Saya akan membelikan susu dan dot besar untuk menyusuinya. Kalau dijual saya kasihan, biarlah saya rawat hingga besar. Mungkin saja jika saya sabar merawatnya, anak sapi ini justru mendatangkan keberuntungan dengan memberikan banyak rezeki,” imbuh lelaki sederhana ini. st13

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com