Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandung Lautan Banjir Dikumandangkan

Kompas.com - 06/06/2009, 11:35 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Nyanyian "Halo Halo Bandung" mungkin adalah lagu yang melekat di benak masyarakat Indonesia, terutama warga Bandung, karena latar belakang lagu tersebut berkisah perjuangan bangsa Indonesia menghadapi penjajahan. Namun, apa jadinya bila lagu ini digubah sewaktu dinyanyikan 30 orang dari Pusat Sumber Daya Komunitas (PSDK) dengan "Lautan Banjir" menggantikan bait "...Lautan Api...", di Baleendah, Kabupaten Bandung, Sabtu (6/6).

Itu terjadi saat PSDK menggelar peringatan Hari Lingkungan dengan tema "Kelestarian Sungai Citarum" di depan Kampung Cieunteung, kampung berpenduduk 500 orang yang senantiasa kebanjiran tiap musim hujan datang. Selain berorasi, ada pula salah seorang demonstran yang rela seluruh tubuhnya dibaluri lumpur.

Menurut salah seorang orator bernama Umar Alam, Sungai Citarum yang rusak akibat mismanajemen lingkungan dari pemerintah. Akibatnya, daerah seperti Kertasari, Majalaya, Baleendah, hingga Margaasih mengalami pencemaran lingkungan berat disertai banjir yang mengancam tiap musim hujan. Jadilah Bandung lautan banjir euy....

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com