Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gila, Tiap Bulan Satu TKI Hamil

Kompas.com - 28/05/2009, 14:28 WIB

BATAM, KOMPAS.com — Konsulat Jenderal RI Johor Bahru menangani sedikitnya satu TKI bermasalah yang hamil tiap bulan. "Tiap bulan berbeda. Namun, paling tidak kami menangani satu TKI yang hamil," kata staf KJRI Johor Baru, Andrianto, saat mengantar TKI di Batam, Kamis (28/5).

Andrianto mengatakan, banyak kasus yang mengakibatkan TKI hamil, mayoritas dihamili majikan atau pacar yang menolak bertanggung jawab. "TKI yang hamil karena diperkosa jarang terjadi. Paling banyak dihamili majikan, lalu dipulangkan," kata dia.

KJRI memberikan pelayanan bagi TKI hamil hingga melahirkan di negeri jiran dan memulangkannya ke Indonesia. Menurut Andri, lama TKI hamil di rumah singgah KJRI tergantung kasus.

TKI segera dipulangkan setelah semua masalah di Malaysia selesai. "Kalau yang diperkosa, kami tunggu sampai tersangkanya ditangkap dan diadili," kata dia.

Pertengahan Mei, KJRI memulangkan dua bayi TKI yang lahir di Malaysia. Seorang TKI terpaksa melahirkan di negeri jiran setelah keluar dari penjara, sedangkan seorang lain melahirkan di Malaysia karena bersuamikan lelaki Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com