Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Demokrat DIY dan 23 Parpol Lain Bicarakan Kampanye

Kompas.com - 23/05/2009, 16:36 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Provinsi DI Yogyakarta bersama 23 partai politik anggota koalisi mulai membicarakan persiapan kampanye daerah untuk memenangkan pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Boediono sebagai presiden dan wakil presiden periode 2009-2014.

Sayangnya, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam itu, ada beberapa wakil parpol yang tidak tampak di dalam ruangan. Partai tersebut antara lain Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Bulan Bintang, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Perjuangan Indonesia Baru, dan Partai Persatuan Daerah. Kami mengadakan rapat partai yang berkoalisi.

"Ini pertemuan awal dari parpol (partai politik) pendukung. Kita akan segera mungkin menyusun tim kampanye pemenangan Pemilu Presiden 2009," ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Gusti Bendoro Pangeran Haryo (GBPH) Prabukusumo, Sabtu (23/5), di sela-sela pertemuan di Hotel Santika Yogyakarta.

Selain menyusun tim kampanye daerah, menurut adik Sultan Hamengku Buwono X ini, pertemuan kali ini juga dimaksudkan sebagai wahana silaturahim, saling mengenal satu sama lain, serta menghilangkan semua kecurigaan. Maklum, dari sekian banyak pengurus parpol anggota koalisi adalah muka-muka baru.

Pada kesempatan ini Prabukusumo mengingatkan kepada semua yang hadir agar bekerja lebih intensif untuk bisa memenangkan duet SBY-Boediono. Anggota koalisi juga diingatkan untuk mengerjakan segala sesuatu dengan ikhlas, jujur, disiplin, sungguh-sungguh, dan penuh tanggung jawab. "Saya berharap bahwa ini adalah koalisi panjang. Melalui koalisi ini diharapkan bisa diubah apa yang kurang baik menjadi lebih baik," katanya.

Dalam pertemuan ini akhirnya disepakati posisi ketua tim kampanye DIY dijabat oleh Prabukusumo dengan Sekretaris Putut Wirawan yang juga berasal dari Partai Demokrat. "Adapun tim inti lainnya yakni wakil ketua I dari Partai Keadilan Sejahtera, sedang untuk wakil ketua II, III, wakil sekretaris, dan bendahara ditentukan pada pertemuan selanjutnya yang berlangsung Selasa mendatang. Dari PAN (Partai Amanat Nasional), PKB, dan PPP (Partai Persatuan Pembangunan) belum menyampaikan calon yang akan diajukan. Sedang dari PKS sudah menyampaikan," tutur Prabukusumo.

Sementara itu, Ahmad Sumiyanto dari PKS sempat menyampaikan harapan perlu adanya manajemen yang transparan agar tim yang terbentuk mampu bekerja dengan baik dan berujung pada kesuksesan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com