Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Masuk Jurang, 4 Tewas, 2 Kritis, dan Belasan Luka Parah

Kompas.com - 22/05/2009, 14:07 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak empat penumpang tewas dan dua orang kritis ketika bus Anugerah jatuh ke jurang di Lembah Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Jumat sekitar pukul 06.00.
    
Menurut dokter jaga Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Zainoel Abidin (RS UZA) Nizarli di Banda Aceh, Jumat, kedua penumpang yang kritis itu mengalami luka di kepala sehingga kehilangan kesadaran dan seorang lainnya mengalami pendarahan di perut.
    
"Dua orang korban kecelakaan bus dalam keadaan kritis, sementara belasan lainnya mengalami trauma, luka-luka, dan ada yang patah tulang," kata Nizarli.
    
Saat ini 12 korban luka-luka dirawat di IGD RS UZA yaitu Efendy, Sopian, Sugiono, Zulkarnain, Alif Shaleh, Misnan, Ishak, Kahirun, Iskandar, Saiman, Rusman, dan Ade Irawan.
    
Empat penumpang bus dari Medan menuju Banda Aceh yang meninggal dunia yaitu Anwar, tetapi tiga di antaranya tanpa identitas salah seorang di antaranya perempuan berusia sekitar 35 tahun. Jenazah korban saat ini masih berada di kamar mayat RS UZA, sementara satu jenazah sudah dibawa keluarga ke Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar.
    
Menurut Ishak, salah seorang penumpang, kecelakaan terjadi akibat rem bus yang tidak berfungsi, sementara kondisi jalan berliku-liku dan menanjak serta bus melaju kencang sehingga tidak dapat dikendalikan sopir.
    
Pria asal Peureulak Kabupaten Aceh Timur yang mengalami luka di kening mengatakan, ia sedang tidur pada saat kejadian sehingga tidak tahu pasti awal mula kecelakaan itu terjadi. "Tiba-tiba saja bus sudah terguling-guling masuk ke jurang dan bus terpisah dua dari atap dan badan bus. Sekitar setengah jam kemudian baru datang pertolongan," ujar Ishak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com