Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas! Flu Babi Sudah Masuk Bandung

Kompas.com - 12/05/2009, 12:42 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung merawat seorang pasien yang diduga (suspect) mengidap influenza A H1N1 (flu babi/flu meksiko).

"Kemarin sekitar jam 17.26 WIB, memang benar kami mendapat pasien rujukan dari Bandara Husein Bandung, yang diduga mengidap influenza tipe A H1N1," kata juru bicara yang juga anggota Tim Penanganan Infeksi Khusus RSHS Bandung, Dr Primal Soedjana, kepada para wartawan, di Ruang Pers RSHS Bandung, Selasa (12/5).

Ia mengatakan, pasien yang saat ini tengah dirawat di Ruang Flamboyan RSHS Bandung, berinisial E, berusia sekitar 39 tahun, berasal dari Surabaya bekerja sebagai co pilot salah satu maskapai penerbangan nasional di Indonesia.

Menurutnya, seminggu sebelum dirawat di RSHS Bandung, E sering melakukan perjalanan internasional, seperti ke Singapura dan Malaysia. Selain itu, pasien juga pernah kontak dengan penderita flu di salah satu bandara.

"Mobilitas pasien sebelumnya cukup tinggi, dia sering melakukan perjalanan internasional dan pernah kontak langsung dengan salah seorang penderita flu di salah satu bandara," katanya.

Saat dilakukan pemeriksaan, pasien mengidap gejala atau ciri-ciri influenza light lienerr (ILI), seperti hidung meler, sakit kepala, sakit tenggorokan, demam tinggi serta denyut nadi cepat.

Saat ini, RSHS telah memberikan perawatan terhadap pasien seperti pemberian obat Tami Flu. Selain itu, juga telah dilakukan pengambilan sampel darah terhadap pasien, tujuannya untuk mengetahui apakah pasien positif atau negatif mengidap influenza tipe A H1N1.

"Tadi malam kita telah mengambil sampel darah pasien dan tengah diteliti di Litbang Kes Departemen Kesehatan RI," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com