Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Bulan Ini Bandara Matahora Dioperasikan

Kompas.com - 12/05/2009, 08:31 WIB

KENDARI, KOMPAS.com — Bandara Matahora di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang telah dibangun sejak 2007 dengan investasi sekitar Rp 100 miliar akan diresmikan akhir bulan ini.
      
Bupati Wakatobi Hugua, dalam percakapan melalui telepon dari Kendari, Selasa (12/5), mengatakan, pembangunan infrastruktur bandara serta sarana pendukung lainnya sudah rampung.
      
Bandara Matahora Wakatobi yang memiliki panjang landasan 1.400 meter dan lebar 30 meter dinyatakan layak setelah dilakukan pendaratan percobaan yang disaksikan petugas teknis dari Departemen Perhubungan. Bandara yang akan menjadi penyangga wilayah timur tersebut akan diresmikan Menteri Perhubungan Jusman Safeii Djamal.
      
Tahun ini, Pemkab Wakatobi juga mengalokasikan anggaran Rp 50 miliar untuk memperpanjang landasan pacu Bandara Matahora menjadi 2.100 meter agar dapat didarati pesawat Boeing 737. "Ke depan, bandara ini akan menjadi bandara penyangga utama Bandara Wolter Mongisidi Kendari dan bandara lain di kawasan Indonesia Timur," kata Hugua. Kemungkinan Bandara Matahora menjadi bandara transit, menurut dia, sangat terbuka karena berada pada posisi strategis di kawasan timur Indonesia.
      
Bahkan, kalau cuaca buruk yang tidak memungkinkan pendaratan pesawat di Bandara Wolter Mongisidi Kendari atau Maluku, maka Bandara Matahora akan menjadi bandara alternatif selain Bandara Hasanuddin Makassar atau Bandara Ngurah Rai di Denpasar Bali.
      
Rute penerbangan yang dilayani bandara itu meliputi Makassar-Kendari dan Wakatobi serta Wakatobi-Bau Bau dan Makassar dengan jadwal direncanakan dua kali seminggu. Secara khusus, direncanakan penerbangan Wakatobi-Denpasar, Bali, sekali seminggu karena Bali menjadi pintu masuk wisatawan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com