Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jaringan Telkom Pekanbaru Lumpuh Total

Kompas.com - 11/05/2009, 19:44 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com- Jaringan telepon PT Telkom di Pekanbaru, Senin (11/5) siang hingga petang ini, mengalami kerusakan, sehingga sambungan telepon dan internet putus total sejak pukul 14.00 tadi. 

Humas PT Telkom Pekanbaru Doni membenarkan adanya kerusakan jaringan di Pekanbaru itu, tetapi ia belum bisa memberi keterangan karena masih menunggu instruksi dari kantor wilayah yang berkedudukan di Medan, Sumatera Utara.

Sejumlah pengguna saluran telepon mengeluhkan gangguan ini, karena hingga pukul 18.00 tadi saluran telepon belum bisa berfungsi.

Seorang pengguna layanan internet, Zamzami Arlinus (28), mengatakan, urusan kerjanya menjadi berantakan padahal ia berencana untuk melakukan rapat mingguan dengan atasannya di Jakarta menggunakan sistem telekonfrensi. Ia sudah mencoba mencari tiga warnet untuk mencari jaringan yang baik, namun semuanya ternyata rusak. "Saya pusing, padahal rapat ini sangat penting," kata Zamzami yang staf perusahaan swasta itu.

Seorang pengusaha warnet, Ivan (27), juga mengeluhkan kerusakan tersebut mempengaruhi layanan Speedy internet dan berdampak pada usahanya karena berlangsung cukup lama. Akibat kerusakan tersebut, sekitar 10 komputer di warnetnya tidak bisa digunakan padahal dari satu komputer minimal ia bisa meraih pemasukan Rp4.000 per jam. Dengan begitu, kerugian minimal yang ditaksir mencapai Rp200.000 selama lima jam kerusakan terjadi.

Selain kerusakan jaringan internet Speedy Telkom, gangguan juga dirasakan pengguna layanan PT Telkomsel yang merupakan anak perusahaan dari Telkom. Sejumlah pengguna layanan mengaku mengalami gangguan pada saat menggunakan telepon genggam dan layanan internet menggunakan Telkomflash.

"Saya kira modem Telkomflash saya rusak, ternyata ada kerusakan jaringan," kata seorang pengguna, MQ Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com