Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Paksa Warga Samarinda Mengungsi

Kompas.com - 19/04/2009, 18:25 WIB

 

SAMARINDA,KOMPAS.com-Banjir karena hujan sehingga Sungai Karangmumus meluap sejak Jumat (17/4) masih merendam tiga kecamatan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Banjir satu meter pada Minggu (19/4) memaksa kalangan warga Samarinda Utara, Samarinda Ulu, dan Samarinda Ilir mengungsi.

"Aku ngungsi ke rumah mamak (ibu)," kata Firman Hidayat, warga Kelurahan Gunung Lingai, Samarinda Utara. Puluhan keluarga juga mengungsi menunggu banjir surut di rumah kerabat di kawasan lain yang tak kebanjiran.

Hujan berjam-jam pada Jumat itu membuat Karangmumus meluap lalu membanjiri sembilan kelurahan di tiga kecamatan dalam daerah aliran sungai (DAS) tersebut. Kelurahan yang dimaksud ialah Sempaja Selatan, Gunung Lingai, Lempake, dan Temindung Permai di Samarinda Utara, Sidodadi dan Gunung Kelua di Samarinda Ulu, dan Sungai Pinang Luar, Bandara, dan Pelita di Samarinda Ilir.

Kecamatan Sungai Kunjang juga kebanjiran pada Jumat lalu. Namun, banjir di sana akibat jaringan saluran air atau drainase tidak berfungsi optimal karena tersumbat. Meskipun banjir surut dalam lima jam, warga tetap kesal karena hujan sebentar banjir bisa terjadi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com