Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Rumah Tertimbun Longsor di Lombok Barat

Kompas.com - 18/04/2009, 18:41 WIB

MATARAM, KOMPAS.com- Puluhan rumah warga di perbukitan Dusun Erat Mate dan Malaka, Desa Mekar Sari, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (18/4) sore, tertimbun tanah longsor setelah kawasan itu diguyur hujan deras beberapa jam lamanya. 

Sejumlah warga Erat Mate dan Malaka, menjelaskan, tanah di atas bukit tiba-tiba longsor menimbun rumah mereka setelah hujan mengguyur kawasan itu sejak pukul 13.00 hingga sekitar pukul 16.30 Wita. Akibatnya puluhan rumah di dua dusun itu tertimbun tanah dan untuk sementara tidak bisa ditempati. "Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu," kata seorang warga.

Warga yang rumahnya terkena tanah longsor saat ini mengungsi ke rumah tetangga, sedangkan sejumlah ternak sapi yang kandangnya rusak kini juga diungsikan di tempat yang dinilai aman.

Sementara itu, sisa air hujan hingga kini masih terus mengalir dari puncak bukit ke pemukiman warga dan menggenangi jalan desa. Aliran air berlumpur serta bebatuan kini menutup sekitar dua kilometer jalan Desa Mekar Sari. 

Kepala Desa Mekar Sari, Mahri, mengatakan, pihaknya saat ini baru bisa mendata rumah warga yang terkena tanah longsor di Dusun Erat Mate, belum sampai ke Dusun Malaka karena medan yang cukup sulit dan gelap. 

"Berdasarkan pendataan sementara, di Desa Erat Mate ada 19 rumah warga yang tertimbun tanah longsor, sedangkan di Dusun Malaka belum diketahui. Pendataan akan kami lanjutkan besok, karena medannya sulit dan gelap," katanya.

Kerugian akibat musibah tersebut belum diketahui, namun diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Mahri berharap segera ada bantuan dari berbagai pihak guna meringankan beban warganya yang sedang terkena musibah tersebut. Apalagi, hampir semua warga yang terkena musibah tanah longsor itu termasuk kategori miskin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com