Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anggota KPUD Nganjuk Kok Masih 3 Orang

Kompas.com - 14/04/2009, 23:09 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Meski pemilu legislatif 2009 telah berlalu, anggota KPUD Kabupaten Nganjuk baru tiga orang. KPU Jawa Timur beralasan, anggota lainnya bahkan belum dipilih karena hasil pleno penetapan anggota baru belum selesai.

Ketua KPU Jawa Timur Nikmatul Hidayati, Selasa (14/4) di Surabaya mengatakan, saat ini proses pleno untuk menetapkan anggota KPUD Kabupaten Nganjuk belum selesai. Rapat pleno yang berlangsung Senin (13/4) lalu belum juga menetapkan lima anggota baru KPUD Kabupaten Nganjuk.  

Padahal, pelaksanaan fit and proper test anggota KPUD Kabupaten Nganjuk selesai Senin (6/4) lalu. Dari 10 calon yang mengikuti tes, tersaring lima calon anggota KPUD, yaitu Daim Ihsani, Juwaher, Kustoyo, Miyaskor, dan Agus Rohman. Dari kelima calon tersebut, Daim Ihsani merupakan mantan anggota KPUD Kabupaten Nganjuk.

Sementara itu Anggota KPU Jawa Timur Agung Nugroho mengungkapkan, dalam waktu dekat pelantikan anggota KPUD di Kabupaten Nganjuk harus segera dilakukan, yaitu sebelum tanggal 18 April 2009. Hal tersebut diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemilu.

"Rekapitulasi suara di KPUD minimal harus disetujui empat anggota rapat pleno. Padahal, saat ini anggota KPUD di Nganjuk hanya tiga orang," kata Agung.

Menurut Agung, rencananya akan dilantik dua anggota KPUD baru. Alasannya, agar anggota baru tersebut dapat belajar dari tiga anggota lama.

Anggota KPU Jawa Timur Nadjib Hamid menambahkan, meski dengan kondisi kesibukan di KPU saat ini, penambahan anggota baru di KPUD Kabupaten Nganjuk merupakan keharusan. Karena itu, penundaan pelantikan akan semakin memperlambat proses tahapan pemilu di wilayah Kabupaten Nganjuk.   

Penundaan pelantikan anggota KPUD Kabupaten Nganjuk berlangsung sejak Senin (6/4) lalu. Dalam rapat koordinasi persiapan pemilu caleg 2009 di Kantor Gubernur Jawa Timur, Ketua KPU Jawa Timur bersedia mempercepat proses pelantikan anggota KPUD baru karena fit and proper test sudah berjalan.

Menurut Nikmatul, penetapan dan pelantikan anggota baru KPUD Kabupaten Nganjuk akan dilakukan Senin (6/4). Namun demikian, baik penetapan maupun pelantikan tidak terlaksana.

 

 

 

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com