Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Rumah Roboh Diterjang Puting Beliung, Satu Orang Luka

Kompas.com - 14/04/2009, 17:54 WIB

BOJONEGORO, KOMPAS.com — Sebanyak tiga rumah di Dusun Krajan Desa Ngorogunung Kecamatan Bobolan Kabupaten Bojonegoro roboh diterjang angin puting beliung disertai hujan deras pada Senin (13/3) petang. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat Bojonegoro Lukman Wafi, Selasa (14/4), mengatakan, hujan deras dan angin kencang berembus pukul 17.00 hingga pukul 18.00.

Di RT 04 RW 01, tiga rumah roboh dan satu rumah tertimpa pohon randu. Rumah yang roboh milik Sukardiyono (35) ukuran 3 x 10 meter terbuat dari kayu jati, ditaksir mengalami kerugian Rp 5 juta. Sementara itu, dua rumah Tasmijan (45) ukuran 8 x 16 m dan ukuran 5 x 12 m mengalami kerugian Rp 45 juta.

Bahtin (38), istri Tasmijan, luka lecet pada bahu kiri, punggung, dan kaki akibat tertimpa reruntuhan. Korban sempat merunduk untuk bisa keluar dari rumahnya yang roboh. "Kakinya tergencet kayu atap dan kepalanya sempat kejatuhan genting," kata Lukman.

Adapun rumah Pasto (50) rusak berat karena 200 gentingnya rontok tertimpa pohon randu. Kerugian yang diderita Rp 500.000. Adapun warga yang rumahnya roboh menumpang di rumah tetangga. Warga yang rumahnya roboh mendapatkan santunan Rp 2 juta, sedangkan yang rusak berat Rp 1 juta. "Santunan itu sudah kami serahkan pada Senin malam," kata Lukman.

Dia menambahkan, warga pada hari Selasa bergotong-royong membersihkan rumah ketiga korban. Aparat desa dan warga secara swadaya akan membantu pembangunan rumah tiga warga yang rumahnya roboh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com