Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendemo SBY Juga Cabuti Baliho Caleg

Kompas.com - 12/03/2009, 13:10 WIB

MAKASSAR, KOMPAS.com -  Kunjungan dua hari Presiden Yudhoyono ke Makassar disambut unjuk rasa ratusan mahasiswa yang memprotes pemberlakuan Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP), pada Kamis.

Pengunjuk rasa yang merupakan mahasiswa gabungan dari sejumlah perguruan tinggi di Makassar itu, hendak melakukan long march dari kampus masing-masing menuju Kantor Gubernur Sulsel dan Monumen Mandala.

Namun aksi mereka diblokade polisi yang sudah berjaga-jaga di sejumlah ruas jalan,  sehingga mereka hanya berputar arah dan memusatkan demo di bundaran Jl. AP. Pettarani-Jl. Boulevard, Panakukang Mas, Makassar.

Aksi tersebut dimulai pada pukul 09.00 Wita dan berlangsung sekitar empat jam. Saat berangkat dari kampus, di sepanjang jalan mereka berorasi sambil mencabuti beberapa baliho dan poster caleg yang banyak tertempel di pepohonan.  

Tidak hanya itu, mereka juga melakukan aksi mengecat jalan dengan menuliskan kata `Tolak BHP’ sambil membagikan pernyataan sikap.

Aksi juga tidak hanya terjadi di tempat tersebut. Sejumlah kelompok mahasiswa lain juga berunjukrasa di depan kampus masing-masing, antara lain di depan Kampus Universitas Negeri Makassar (UNM) Jl. AP Pettarani Ujung dan Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar di Jl. Sultan Alauddin.

Dalam pernyataan sikapnya, mereka menyatakan menolak kedatangan SBY yang mereka nilai anti keberpihakan pada rakyat. Mereka juga mendesak pemerintah segera mencabut UU BHP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com