Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Lahan Gambut Meluas, Ratusan KK Mengungsi

Kompas.com - 18/02/2009, 14:46 WIB

MEULABOH, RABU — Sekitar 200 kepala keluarga (KK) di Desa Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, terpaksa mengungsi akibat kebakaran lahan gambut.
     
"Kobaran api akibat kebakaran lahan gambut semakin meluas dan mendekati permukiman penduduk sehingga ratusan KK terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman," kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran dan Pengelolaan Alat Berat Kabupaten Aceh Barat T Syahluna Polem di Meulaboh, Rabu.
     
Warga desa Leuhan untuk sementara mengungsi di lapangan sepak bola yang berjarak sekitar satu kilometer dari lokasi kebakaran lahan gambut itu.      
     
Menurut T Syahluna, kebakaran yang menghanguskan hampir 30 hektar lahan gambut di Desa Leuhan itu berhasil dipadamkan sejak Selasa (17/1) malam, namun asap tebal masih mengganggu penglihatan.
     
Selain di Kecamatan Johan Pahlawan, kebakaran lahan gambut juga terjadi di Kecamatan Arongan Lambalek dan Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. "Kami masih berusaha memadamkan kobaran api di dua kecamatan itu," katanya.
     
Selain mengerahkan armada pemadam kebakaran, pemerintah setempat juga mengerahkan sejumlah alat berat untuk menghambat meluasnya kobaran api.     
Kebakaran yang terjadi sejak sepekan terakhir di Johan Pahlawan dan Arongan menghanguskan ratusan hektar lahan gambut yang direncanakan menjadi lahan perkebunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com