Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

325 Warga Cigaronggong Belum Berani Pulang

Kompas.com - 14/02/2009, 16:49 WIB

GARUT, SABTU - 325 Warga Kampung Gunung Gadung Desa Cigaronggong Kecamatan Cibalong Garut, hingga kini  terpaksa tinggal di pengungsian sejauh 2 km, ke Kampung Cidatar di Desa/Kecamatan yang sama akibat tanah longsor.
     
"Sejak Sabtu (7/2) lalu hingga kini juga terpaksa  memenuhi kebutuhan hidup sehar-hari dari berbagai sumbangan dan bantuan belas-kasihan saudara serta tetangga terdekat, termasuk dari unsur pemerintahan desa dan Kecamatan," kata Engkos warga setempat di pengungsian, Sabtu.
     
"Bantuan sembako yang memadai dari Pemkab Garut tak kunjung tiba, padahal mereka sangat mendesak untuk mendapatkan berbagai jenis bantuan termasuk  advokasi," kata Camat Cibalong Dikdik AR.
     
Sebelumnya Camat didampingi Kepala Seksi Tramtib, Aom Suyatman mengatakan, sebagian besar warga Kampung Gunung Gadung sebagai buruh tani, kini tempat tinggal mereka terjadi longsor.
     
Mengingat sekarang musim hujan, dikhawatirkan terjadi longsoran susulan pada bukit terjal Gunung Gadung.
     
Kepala Desa Cigaronggong, Wiwin Bunyamin mengatakan, bencana serupa pernah terjadi pada 10 November 2007, sehingga daerah tersebut mendapatkan rekomendasi dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) agar penduduknya direlokasi ke lokasi aman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com