Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ritual Umbul Donga Kali Opak, 1.000 Hari Gempa Yogyakarta

Kompas.com - 14/02/2009, 10:02 WIB

BANTUL, SABTU — Gempa Yogyakarta dan Jawa Tengah 27 Mei 2006 akan genap 1.000 hari pada 21 Februari mendatang. Untuk mengenang dan mengirim doa bagi ribuan korban jiwa, warga Bantul akan menggelar upacara ritual Umbul Donga (Memanjatkan Doa) pada 13 hingga 22 Februari.

Hendro Harsoyo, atau yang dikenal dengan nama Hendro Plered, mengatakan, ritual akan dimulai dari lokasi yang diyakini pernah menjadi tempat membuat laut buatan masa pemerintahan kerajaan Mataram di bawah Sunan Amangkurat Agung, 1640.

"Acara berupa mujadahan, hadrah dan dilanjutkan dengan mengumandangkan gending 'Gadhung Mlathi'. Gending itu merupakan sebuah gending yang khusus dibuat untuk upacara ritual, atau
mengenang arwah," katanya.

Nama lokasi yakni Tumbak Tugel (Tombak Patah) di dusun Karet, Segoroyoso, Kecamatan Plered, Bantul. "Segoroyoso itu berasal dari kata segara dan yasa, yang artinya laut buatan atau membuat laut," katanya.

Pada 22 Februari, dilanjutkan dengan ritual berupa Pawai Budaya, dari Tumbak Tugel menuju ke Kali Opak. "Kenapa Kali Opak karena di situlah pusat gempa yang menelan ribuan korban jiwa tersebut," katanya.

Pawai ini akan diikuti berbagai elemen masyarakat umum, pelajar, pelaku budaya, dan tokoh-tokoh setempat. "Kami sangat menunggu kedatangan teman-teman semua karena dari sini bisa dilihat bagaimana kami mengenang kesedihan kami, saat bencana yang dahsyat itu menghantam saudara-saudara kami, rumah-rumah kami sehingga kami saat itu benar-benar dalam suasana yang sangat tragis," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com