Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contohlah India, Produk Lokal Harus Merebut Pasar Domestik

Kompas.com - 01/01/2009, 22:10 WIB

SEMARANG, KAMIS — Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia Jawa Tengah Solichedi mengharapkan, pada tahun 2009 ini, produk lokal dapat kembali bergairah agar bisa memenangkan persaingan dalam merebut pasar domestik. Dengan demikian, Indonesia dapat mengatasi krisis global yang diperkirakan banyak pihak akan memperlambat laju pertumbuhan ekonomi.

"Dengan menjaga pasar domestik maka ketahanan ekonomi dapat dibangun," ujar Solichedi di kediamannya di Tembalang, Kota Semarang, Rabu (31/12). Untuk itu, Solichedi berharap kepada pemerintah supaya mau menggunakan momen kebangkitan nasional untuk mengeluarkan kebijakan seperti Swadesi, yang pernah diserukan Mahatma Gandhi di India.

"Adanya kebijakan untuk mengajak rakyat mencintai produk dalam negeri dapat mengurangi produk impor dengan sendirinya," katanya.

Selain itu, Solichedi mengharapkan adanya dorongan dari pemerintah untuk menggerakkan kewirausahaan dalam rangka membangkitkan gairah produk lokal. Solichedi menyebutkan, pasar domestik di Indonesia yang masih potensial untuk digarap perlu diisi dengan produk lokal. Hal itu dibarengi dengan strategi kredit konsumsi agar konsumen dalam negeri tidak menggunakan produk impor.

"Kalau tidak begitu, kita akan kalah oleh barang luar negeri yang berani memberikan kredit murah untuk mendapatkan produknya," kata Solichedi yang mencontohkan produk sepeda motor atau barang elektronik China.

Usaha mikro

Menurut Solichedi, gelombang pemutusan hubungan kerja akibat krisis global juga masih akan berlanjut dan dapat berdampak pada peningkatan jumlah usaha mikro. Oleh karena itu, Ia juga mengharapkan pemerintah dapat mewujudkan ruang-ruang baru yang dapat mewadahi pelaku usaha mikro untuk bisa bertahan.

"Seperti dengan menguatkan ekonomi di pedesaan melalui sektor pertanian, perikanan, peternakan, dan infrastruktur karena sektor tersebut yang memiliki efek ganda terhadap dunia usaha," kata Solichedi.

Di tengah terjangan krisis ini, Solichedi menginginkan agar seluruh pihak bersemangat untuk tetap optimistis dalam melewatinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com