Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun Tawang Tambah Kereta

Kompas.com - 04/10/2008, 06:15 WIB

SEMARANG, SABTU- Pengelola Stasiun Tawang Semarang mulai menjalankan kereta api (KA) kelas eksekutif tambahan tujuan Jakarta pada H+2 hingga H+3 Lebaran, Sabtu dan Minggu (5/10) ini, menyusul habisnya tiket KA reguler. 

Kepala Stasiun Tawang Semarang, Tri Suwarno, di Semarang, Sabtu (4/10), mengatakan, untuk mengangkut para pemudik tujuan Jakarta disiapkan KA Kamandanu Lebaran yang diberangkatkan pada pukul 19.30 WIB setiap harinya.

"Kamandanu Lebaran dioperasikan pada H+2 dan H+3 karena puncak arus balik diperkirakan mencapai puncaknya pada hari itu," katanya.

Selain menjalankan KA tambahan untuk mengakut pemudik, kata dia, panambahan gerbong juga dilakukan pada rangkaian KA reguler. 

Untuk KA eksekutif ditambah satu gerbong, dari biasanya delapan gerbong, sedangkan KA bisnis dijalankan hingga 10 gerbong. "Jumlah itu sudah maksimal, kalau ditambah lagi justru akan menghambat laju KA," katanya.

Sementara itu, arus mudik di Stasiun Tawang Semarang pada Lebaran ini justru mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Menurut dia, hingga Lebaran hari kedua tercatat jumlah pemudik yang tiba di stasiun ini sebanyak 36.947 orang.

Jumlah tersebut, kata dia, lebih rendah dibanding periode yang sama pada Lebaran tahun lalu, yang mencapai 46.012 penumpang.

Ia memperkirakan, penurunan jumlah penumpang saat arus mudik ini disebabkan oleh meningkatnya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com