Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendekar Banten Amankan Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/09/2008, 20:58 WIB

MERAK, SABTU  - Puluhan pendekar Banten yang tergabung dalam Himpunan Peguron Pendekar Banten (HPPB) Kota Cilegon ikut mengamankan pemudik lebaran di Pelabuhan Merak.
     
Ketua HPPB Kota Cilegon, Mad Soleh di Cilegon, Sabtu mengatakan pengamanan ini sebagai upaya ikut menciptakan ketertiban dan kenyamanan pemudik, sehingga perjalanan mereka lancar sampai tujuan.      

Selain itu, kata dia, juga ikut memberikan informasi kepada pemudik agar tidak tersesat, baik ketika hendak naik kapal maupun bus menuju berbagai kota di Pulau Jawa.

"Untuk itu, pendekar Banten di antaranya disebar di terminal bus sebanyak 25 orang yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu siang dan malam," katanya.  

Pengamanan ini digelar sejak H-7 sampai H+7 lebaran di terminal bus Pelabuhan Merak. "Kami memberikan pengamanan lebaran ini hanya sifatnya membantu dan sebagai wujud kepedulian, tanpa memperoleh bayaran sepersen pun," katanya.

Menurut dia, sampai saat ini kondisi arus mudik di terminal bus berjalan aman dan tertib, bahkan para calo angkutan juga bersikap sopan.
    
"Tahun-tahun lalu calo angkutan di terminal bersikap kurang menyenangkan, tetapi sekarang sangat sopan dan santun," katanya.
     
Sementara itu, Rohiman (35), salah seorang pemudik mengatakan saat ini kondisi terminal bus Merak tidak menakutkan seperti dulu, karena para calo angkutan tidak bersikap kasar. "Kalau dulu kami saat mau naik bus dipaksa, bahkan ditarik-tarik oleh calo," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com