Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudik, Sta. Purwokerto Siapkan Pemesanan Tiket On-Line

Kompas.com - 27/08/2008, 18:35 WIB

PURWOKERTO, RABU - Stasiun Purwokerto mulai minggu ini melayani pemesanan tiket on-line untuk arus baik yang mudik maupun balik. Pemesanan tiket dapat dilayani mulai 30 hari sebelum keberangkatan. Humas PT Kereta Api Daerah Operasional V Purwokerto M Fatcham, Rabu (27/8), mengatakan, pelayanan tiket on-line itu terutama untuk kelas bisnis dan eksekutif.

"Untuk tiket ekonomi bisa dipesan juga 30 hari sebelumnya, tetapi tak ada jaminan bisa memperoleh tempat duduk," katanya. Terkait puncak mudik, menurutnya, diperkirakan mulai berlangsung H-4 lebaran. Pada saat itu, setiap rangkaian kereta akan dioptimalkan menjadi 12 gerbong, dari biasanya hanya 10 sampai 11 gerbong. Untuk mengantisipasi lonjakan mudik yang lebih besar lagi, PT KA Daop V Purwokerto juga akan menambah kereta, baik untuk mudik maupun balik.

"Penambahan kereta ini juga akan dilihat, seberapa besar arus mudik yang sedang berlangsung. Tapi yang pasti, kami sudah mempersiapkan kereta tambahan ini," kata Fatcham. Kini, sejumlah gerbong yang akan digunakan sebagai angkutan lebaran juga sedang melalui pemeriksaan kelayakan. Setiap ruas rel kereta juga diperiksa kelengkapannya, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan dalam perjalanan kereta nanti.

"Sistem sinyal maupun rambu-rambu kereta yang rusak, juga diperbaiki. Sistem yang belum rapih, akan kami benahi," lanjut Fatcham. Namun untuk pembangunan jalur ganda di wilayah Daop V, katanya, akan tetap dilaksanakan selama arus mudik berlangsung. Dia meyakinkan pekerjaan itu tak akan mengganggu perjalanan kereta selama arus mudik berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com