Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerombolan Monyet Mengamuk di Sukoharjo

Kompas.com - 11/07/2008, 07:33 WIB

SUKOHARJO, JUMAT - Gerombolan monyet liar yang hidup di kawasan perbukitan di daerah Bulu, Sukoharjo, mulai meresahkan warga setempat. Kera-kera itu mengamuk dan merusak lahan pertanian untuk mencari makan.
     
Kepala Desa Gentan, Bulu, Sukoharjo, Dwi Cahyono di Sukoharjo, Jumat, mengatakan, serangan monyet liar ini merupakan kejadian rutin setiap tahunnya, terutama memasuki musim kamarau seperti saat ini.
     
Menurutnya, kera-kera ini tidak hanya merusak area perkebunan palawija milik warga, bahkan tidak sedikit tanaman padi juga ikut dirusak. "Kera-kera liar ini bisa datang menyerbu lahan milik penduduk setempat setiap pagi dan sore hari," katanya.
     
Ia mengakui, para warga di daerah ini merasa kesulitan untuk menangani serangan kera liar ini, apalagi hewan-hewan ini sudah tidak memiliki rasa takut terhadap manusia. Ia juga mengatakan, penduduk setempat kesulitan untuk mengusir kera-kera ini karena keterbatasan peralatan.
     
"Warga tidak tega jika harus membunuh binatang ini, tetapi kalau mau menangkap hidup-hidup, tidak memiliki peralatannya," tuturnya.
   
Upaya yang saat ini dilakukan, katanya, dengan melakukan pengusiran secara massal oleh para penduduk setempat. Ia mengharapkan, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dapat membantu memecahkan masalah monyet ini, dengan mendatangkan seorang pawang monyet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com