Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kredit Kemitraan Rp 4,4 Miliar untuk Korban Gempa Yogyakarta

Kompas.com - 02/03/2008, 10:11 WIB

YOGYAKARTA, MINGGU -- Melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL), Bank Mandiri telah memberikan fasilitas kredit kepada 305 debitur UKM korban gempa Yogyakarta senilai Rp 4,4 miliar per Juni 2007. "Dengan Program Kemitraan itu, mereka pantas mendapatkan fasilitas kredit tersebut. UKM yang identik dengan perekonomian rakyat perlu digerakkan kembali. Kami sangat mengharapkan pemberian fasilitas kredit tersebut dapat menggerakkan perekonomian yang sempat terhenti," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo di sela acara peresmian bantuan pembangunan dan renovasi fasilitas umum yang sempat hancur akibat gempa yang dipusatkan di SD Muhammadiyah, Karangkajen, Yogyakarta, Minggu (2/3).

Selain menyalurkan kredit kemitraan, Bank Mandiri juga melakukan restrukturisasi terhadap pinjaman debitur yang usahanya sempat terhenti akibat Gempa Yogya. Dari sebanyak 503 debitur yang direstrukturisasi dengan total baki debet sekitar Rp 33 miliar, tinggal 34 debitur dengan baki debet sekitar Rp 2,8 miliar yang sampai saat ini belum menunjukan kondisi keuangan yang membaik.

Secara khusus Bank Mandiri berhasil menghimpun dana bantuan sebesar Rp 14,5 miliar yang direalisasikan dalam Program Mandiri Peduli Gempa Yogya dan sekitarnya. Bantuan dana tersebut selain bersumber dari Bank Mandiri sebesar Rp 7,2 miliar, juga bersumber dari bantuan masyarakat yang berhasil dihimpun melalui rekening "Mandiri Peduli Yogya" sebesar Rp 7,3 miliar. Bantuan Bank Mandiri diberikan dalam 2 bagian, pertama sebesar Rp 2,6 miliar merupakan bantuan darurat yaitu tidak lebih dari 24 jam sejak terjadinya bencana, Kedua, bantuan yang bersifat pemulihan. Bantuan ini bertujuan untuk membangun dan memfungsikan kembali beberapa fasilitas umum dan fasilitas sosial, serta bantuan bea siswa. (A02)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com