Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKW Asal Palembang Dapat Kompensasi 10.000 Ringgit

Kompas.com - 28/01/2008, 18:06 WIB

PALEMBANG, SENIN - Maryati seorang TKW asal Palembang yang dianiaya agennya di Malaysia bulan September 2007 kemudian melarikan diri memperoleh kompensasi 10.000 ringgit. Kompensasi itu diberikan oleh pemilik agen TKW yaitu Mr Liem. Mr Liem adalah suami Mrs Liem yang melakukan penganiayaan terhadap Maryati sampai babak belur.

Suami Maryati, Kirman, Senin (28/1) mengatakan kompensasi diberikan hari Senin (21/1) di rumahnya oleh BP3TKI_Sumsel dalam bentuk mata uang Indonesia sebesar Rp 28,1 juta. Selain menerima kompensasi, Maryati juga menerima asuransi dari agen di Batam sebesar Rp 2 juta.

Menurut Direktur Eksekutif Yayasan Puspa Indonesia Rina Bakrie yang mendampingi Maryati, dengan mengirimkan uang kompensasi bisa diartikan Mr Liem ingin berdamai dan menyelesaikan persoalan.

Rina mengatakan, upaya memperoleh uang kompensasi itu dengan mendatangi RS Polri Kramat Jati untuk minta visum dan mengirim surat ke Kedutaan Besar Malaysia. "Uang Kompensasi akhirnya dibayarkan karena campur tangan kedutaan besar Malaysia. Namun sebenarnya persoalan TKW bisa diselesaikan jika ada pendampingan yang serius," kata Rina.

Berdasarkan catatan Kompas, Maryati yang baru bekerja beberapa bulan di Malaysia meninggalkan rumah majikannya karena pekerjaan terlalu berat. Ketika Maryati mengadu kepada agennya yang dimilki Mr Liem, Maryati justru dianiaya Mrs Liem. Karena tidak tahan Maryati melarikan diri dari rumah Mr Liem. (WAD)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com