Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Jelang Idul Adha, Dompet Dhuafa Gandeng Puskeswan Lakukan Vaksinasi Hewan Kurban

Kompas.com - 25/05/2023, 10:10 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menjelang Idul Adha 1444 Hijriah (H), Dompet Dhuafa Lampung bersama Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Wilayah 3 Kabupaten Pringsewu melakukan vaksinasi pada hewan-hewan kurban, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan vaksinasi tersebut berlokasi di kandang domba Sentra Ternak DD Farm Lampung, Kabupaten Pringsewu, Lampung. Dalam agenda ini, dokter hewan membantu pemantauan dan penyuntikan vaksin bagi hewan domba.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Lampung Yogi Achmad Fajar mengatakan, vaksinasi merupakan bentuk komitmen Dompet Dhuafa Lampung untuk mempersiapkan hewan-hewan kurban yang sehat dan berkualitas.

"Vaksinasi ini bentuk komitmen Dompet Dhuafa Lampung untuk menyediakan hewan kurban yang sehat dan terbaik bagi para pekurban," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (25/5/2023).

Baca juga: Puskeswan Tangsel Prioritaskan Pengobatan Hewan Terjangkit PMK Dibanding Vaksinasi

Sementara itu, Kepala Puskeswan Wilayah 3 Kabupaten Pringsewu Suhatiah mengatakan, vaksinasi tersebut bertujuan untuk memastikan hewan kurban sehat.

Tak hanya itu, kata dia, vaksinasi itu juga bertujuan untuk mengantisipasi sekaligus mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Virus PMK ini dapat berimbas pada kematian ternak dan mempengaruhi nilai ekonomi ternak bagi masyarakat,” ucap Suhatiah.

Oleh karena itu, lanjut dia, pihaknya mengapresiasi Dompet Dhuafa Lampung yang telah melakukan kegiatan vaksinasi.

Baca juga: Kemenkes Imbau Penonton Vaksinasi Booster Covid-19 Sebelum Nonton Konser Coldplay

“Ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab bersama untuk menjamin kesehatan hewan kurban. Insya Allah hewan kurban sehat dan terhindar dari PMK," tutur Suhatiah.

Pada momen Idul Adha 1444 H, Dompet Dhuafa Lampung telah menyiapkan lebih dari 300 ekor hewan ternak domba untuk program Tebar Hewan Kurban (THK).

Melalui THK, Dompet Dhuafa Lampung akan mendistribusikan hewan kurban ke berbagai daerah yang membutuhkan bahkan hingga pelosok Lampung.

Dompet Dhuafa Lampung, tidak hanya menjamin hewan kurban sehat dan berkualitas, tetapi juga sesuai dengan syariat Islam.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com