Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Wujudkan Indonesia Emas 2045, Bobby Nasution Beri 3 Pesan kepada 2.001 Kepala Lingkungan Se-Kota Medan

Kompas.com - 24/05/2023, 09:15 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution menyampaian tiga pesan kepada 2.001 kepala lingkungan (kepling) se-Kota Medan.

Dia mengatakan, keamanan dan kerukunan sangat penting diwujudkan guna mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Sebab, pada saat itu Indonesia akan menjadi salah satu kekuatan terbesar di dunia.

“Itu dapat tercapai jika kita dapat menjaga keamanan dan kerukunan. Hal itu harus dimulai dari skala paling mikro (terkecil), yakni lingkungan,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat menghadiri acara Pembinaan Mental, Disiplin, dan Etos Kerja Kepala Lingkungan se-Kota Medan Tahun 2023 di Gedung Medan International Convention Centre Jalan Ringroad Medan, Selasa (23/5/2023).

Selain itu, kepling selaku ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Medan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat juga harus mendukung pemberantasan narkoba serta mensukseskan lima program prioritas.

Baca juga: Sambil Makan, Walkot Bobby Nasution Ajak Jajarannya Dengar Curhatan Warga Kelurahan Besar

“Ini sudah dibuktikan saat kita menangani pandemi Covid-19, dimana penanganan mikro yang dilakukan  dari tingkat lingkungan ternyata lebih efektif,” katanya dalam siaran pers, Rabu (24/5/2023).

Bobby juga meminta seluruh kepling yang hadir tidak menggampangkan masalah kecil di lingkungan masing-masing. Apalagi, Medan merupakan kota multikultural yang warganya terdiri dari berbagai etnis dan agama.

“Untuk itu saya minta masalah sekecil apa pun yang menyangkut etnis dan agama harus secepatnya disikapi dan dituntaskan,” jelasnya.

Dia menyebutkan, kepling harus mendata seluruh warganya. Dengan data yang dimiliki, pihaknya dapat diketahui kemungkinan potensi-potensi konflik yang akan terjadi.

“Selanjutnya potensi-potensi konflik yang kemungkinan terjadi ini segera sampaikan kepada petugas Babinsa dan Bhabinkamtibmas guna dilakukan solusi  bersama mengatasinya,” ungkapnya.

Baca juga: Pembangunan Islamic Center Medan Dimulai, Walkot Bobby: Kita Harapkan Berfungsi Jadi Peradaban Islam

Menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengingatkan kepada seluruh kepling untuk menyikapi penyalahgunaan narkoba di lingkungan masing-masing.

Sebab, berdasarkan data, Sumatera Utara (Sumut) pada 2022 merupakan peringkat pertama penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Dari data itu, Kota Medan menjadi yang paling tinggi dalam penyalahgunaan narkoba di Sumut.

“Jadi, mari kita bersama-sama mengatasi penyalahgunaan narkoba. Apalagi, kepling pasti mengetahui siapa di lingkungannya yang menjadi pemakai, pengedar, Bandar, serta yang mendeking narkoba tersebut. Dengan semangat kolaborasi, narkoba harus bisa kita hilangkan,” ujarnya.

Pesan Bobby berikutnya adalah permintaan agar seluruh kepling mengetahui lima program prioritas yang kini menjadi fokus utama ditangani Pemkot Medan.

Walkot berusia 31 tahun itu mengajak seluruh kepling mendukung kelima program prioritas tersebut melalui penanganan kesehatan, kebersihan, perbaikan infrastruktur, penanganan banjir, serta pembenahan kawasan heritage dengan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Baca juga: Jaga Warisan Budaya, Bobby Nasution Hadiri Gelar Melayu Serumpun 2023

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com