Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lepas Calhaj Kloter Pertama Solo, Ganjar Sebut Ada Penjual Tempe yang Setiap Hari Menabung Rp 100 untuk Naik Haji

Kompas.com - 23/05/2023, 23:13 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berdialog dengan beberapa calon jemaah haji (calhaj) saat prosesi pelepasan kelompok terbang (kloter) pertama asal Grobogan di Embarkasi Solo, Jawa Tengah, Selasa (23/5/2023).

Prosesi pelepasan calon jemaah haji kloter pertama digelar di Gedung Muzdalifah Kompleks Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu calon jemaah haji yang diajak berdialog Ganjar tersebut adalah seorang penjual tempe. Ganjar mengaku haru dengan penjual tempe syang etiap hari menabung Rp 100 untuk bisa naik haji.

Baca juga: Ratusan Calon Haji Kloter 1 Tiba di Asrama Haji Surabaya

"Mereka tadi tak ajak dialog ada yang mengharukan ya. Ada yang penjual tempe loh, yang tiap hari nabung Rp 100," kata Ganjar usai menghadiri prosesi pelepasan di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Selasa malam.

Ganjar juga berdialog dengan calon jemaah haji lainnya dari Grobogan. Menurut Ganjar karena semangatnya untuk bisa naik haji ada yang sampai menjual sawahnya.

"Ada yang saking semangatnya sawahnya dijual. Jadi betapa niatnya mereka, tulusnya mereka untuk beribadah. Ya kita doakanlah supaya semuanya lancar, hajinya mabrur, sampai nanti mereka pulang," ungkap Ganjar.

Dikatakan Ganjar banyak calon jemaah haji yang pemberangkatannya tertunda. Mereka ada yang tertunda sekitar 11 sampai 12 tahun.

"Dan hari ini mereka merasa inilah ibadah yang akan dilakukan dengan gembira, dengan senang," terang dia.

Disinggung tahun ini banyak calon jemaah haji lansia, kata Ganjar, karena antreannya yang panjang. Sehingga harus diatur guna mengurangi antrean panjang.

"Jadi kesempatannya mesti diatur. Syukur-syukur kuotanya bisa bertambah," kata Ganjar.

Prosesi pelepasan calon jemaah haji kloter pertama asal Grobogan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, anggota Komisi VIII DPR, Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra dan lain-lain.

Calon jemaah haji kloter pertama Grobogan ada 360 orang. Mereka akan diterbangkan ke tanah suci Mekah pada Rabu (24/5/2023) pukul 00.30 WIB menggunakan pesawat Garuda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com