Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

HPN 2023 Jabar, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum Dapat Penghargaan dari PWI Jabar

Kompas.com - 22/05/2023, 17:32 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur (Wagub) Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jabar.

Penghargaan diberikan pada momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 Tingkat Jawa Barat di Kabupaten Karawang, Sabtu (20/5/2023).

HPN sebetulnya jatuh pada 9 Februari dan telah diperingati secara nasional. Namun peringatan tingkat Jawa Barat dilakukan pada 20 Mei 2023.

Pada HPN 2023 Tingkat Jabar, Ridwan Kamil mendapat anugerah "Pupuhu Pangaping Darma Sahasra" atas inisiasi Program 1.000 Peserta Ujian Kompetensi Wartawan Gratis.

Adapun Uu Ruzhanul Ulum mendapat anugerah "Pupuhu Pangaping Darma Raksa Giat Mitra" atas dukungan dan kepedulian terhadap PWI.

Baca juga: Golkar: Dedi Mulyadi Keluar karena Alasan Pribadi, Bukan gara-gara Ridwan Kamil

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Ketua Umum PWI Atal Sembiring kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar Ika Mardiah. Ika hadir mewakili Ridwan Kamil yang saat ini sedang berada di Amerika Serikat (AS).

Melalui pesan khusus, Ridwan Kamil berterima kasih kepada PWI Jabar atas penghargaan yang diberikan.

"Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov( Jabar menghaturkan terima kasih kepada PWI Jabar yang memberikan penghargaan kategori Pupuhu Pangaping," ujar Ridwan Kamil.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu mendukung kolaborasi antara Pemprov Jabar dengan rekan-rekan pers atau media.

"Agar informasi tersampaikan secara utuh, benar, dan terpercaya untuk masyarakat," kata Ridwan Kamil.

Baca juga: 16 Kepala Daerah di Jawa Barat Berakhir Masa Jabatannya pada Tahun Ini, Termasuk Ridwan Kamil

Ia menjelaskan, saat ini, indeks kebebasan pers di Jabar jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Alhamdulillah, setelah beberapa tahun indeks kebebasan pers di Jawa Barat yang pada awal jabatan saya berada di rangking 29 sampai 23. Melalui reformasi, regulasi, reformasi politik, serta reformasi ekonomi pers, kami berhasil menempati rangking dua terbaik di Indonesia pada 2021," sebut Ridwan Kamil.

Kang Emil berharap bawa puncak HPN 2023 Jabar bisa menjadi ajang introspeksi dan renungan bagi insan pers. Ia juga ingin agar HPN bisa menjadi momen untuk maju, berinovasi, menangkap peluang dan mewujudkan pers yang berkelanjutan.

"Tantangan saat ini memang tidak mudah bagi industri pers dan media-media konvensional, ada disrupsi global, ada ancaman resesi global dan juga persaingan dengan platfom asing, media digital dan media sosial," ujarnya.

Baca juga: Cari Investor untuk Energi Terbarukan, Ridwan Kamil Terbang ke Amerika Serikat

Dia pun berpesan agar media massa bisa tetap menjadi pilar keempat demokrasi. Berbagai platform media digital, seperti media sosial, diharapkan bisa menjadi penjernih informasi dan referensi utama bagi masyarakat dalam memperoleh informasi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com