Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lift Bekas Dipasang di GCC Tasikmalaya, Pedemo Pasang Spanduk "Selamat Datang Kembali KPK"

Kompas.com - 10/05/2023, 17:51 WIB
Irwan Nugraha,
Michael Hangga Wismabrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Massa pedemo membentangkan poster bertuliskan 'Selamat Datang Kembali KPK di Dinas PUTR Kota Tasikmalaya' sebagai bentuk dukungan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) soal lift bekas di Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/5/2023).

"Usut tuntas pemasangan lift bekas untuk bangunan GCC. Pihak dinas PUTR (Kota Tasikmalaya) harus bertanggungjawab atas kejadian ini. Kami menduga ada kerjasama masif dengan rekanan untuk keuntungan besar dari proyek itu," jelas Koordinator aksi Dede di Kantor Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Tasikmalaya, Rabu (10/5/2023).

Baca juga: BPK Temukan Lift Bekas Dipasang di Gedung Creative Center Tasikmalaya

Peserta aksi juga meminta pertanggungjawaban dinas terkait dan menuding kongkalikong antara pengawas proyek dengan rekanan dalam pengerjaannya selama ini.

Seperti diketahui aksi unjuk rasa muncul usai BPK mengekspos temuan pemasangan lift bekas di gedung GCC selesai dibangun tahun 2022 dan menelan biaya Rp 20 miliar.

Baca juga: Pedemo Geruduk Kantor PUTR Tasikmalaya, Tuntut Pertanggungjawaban Pasang Lift Bekas di GCC

Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pembangunannya ditemukan oleh hasil pemeriksaan BPK memakai lift bekas yang membahayakan penggunanya, Rabu (10/5/2023).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Gedung Creative Center (GCC) Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, pembangunannya ditemukan oleh hasil pemeriksaan BPK memakai lift bekas yang membahayakan penggunanya, Rabu (10/5/2023).

GCC Kota Tasikmalaya tersebut merupakan inisiasi dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung dikhususkan bagi para generasi muda kreatif.

Temuan BPK itu diungkapkan ke publik oleh Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim yang meghadiri langsung pemaparan BPK di Bandung pekan lalu.

"Itu langsung diperiksa langsung oleh BPK. Lift itu juga disebut merupakan lift bekas dari gedung Kimia Farma di Bandung. Itu disampaikan oleh BPK di dalam forum," jelas Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, Aslim di kantornya, Rabu (10/5/2023).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com