Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

May Day 2023, Bupati Tamba: Buruh Sudah Letih Bekerja, Tidak Perlu Turun ke Jalan

Kompas.com - 01/05/2023, 19:14 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Peringatan Hari Buruh atau May Day 2023 di Kabupaten Jembrana, Bali diperingati dengan berbagai kegiatan positif dengan konsep “May Day Is Fun”.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba mengatakan, penyelenggaraan May Day di Kabupaten Jembrana sengaja diperingati dengan penuh kebahagiaan.

"Yang biasanya Hari Buruh itu diperingati dengan demo, kami di Jembrana bikin berbeda secara fun penuh suka cita," ujarnya saat mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Buruh, Senin (1/5/2023)

Tamba menyebutkan, peringatan Hari Buruh kali ini digelar dengan menyenangkan tanpa ada aksi demo secara perlahan akan merubah paradigma lama.

"Buruh sudah letih bekerja, tidak perlu turun ke jalan. Momen ini kita pakai untuk menyatukan pikiran, duduk bersama berdiskusi bersama mencari solusi terbaik bagi para buruh," katanya dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Polres Jembrana Libatkan Pecalang dan Banser dalam Operasi Ketupat 2023

Sementara Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Provinsi Bali Wayan Madra mengapresiasi Bupati Jembrana yang hadir merayakan May Day.

Dia mengatakan, sikap organisasi adalah buruh tidak akan turun jalan, tetapi akan duduk bersama dengan serikat pekerja.

“Harapan kami selaku serikat pekerja kondisi yang lebih baik karena setelah pandemi sebelumnya bagaimana dampaknya terhadap ekonomi,” ujarnya.

Wayan berharap, kondisi perekonomian saat ini bisa terus membaik dan investasi terus tumbuh.

“Di Jembrana sendiri saya kira sudah baik tentu, ke depan kami harapkan investasi terus tumbuh, ekonomi meningkat, dan tentu masyarakat bisa bekerja, “ tuturnya.

Baca juga: 99,8 Persen Penduduk Jembrana Terdaftar JKN, Pemkab Jembrana Raih UHC Awards 2023

Adapun kegiatan May Day di Jembrana digelar selama dua hari 30 April 2023 sampai 1 Mei 2023 dengan berbagai kegiatan menyenangkan.

Salah satunya adalah kegiatan sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan serikat buruh (tripartit) yang diisi hiburan dengan menampilkan artis Bagus Wirata dan Jegeg Bulan pada Minggu (30/4/2023).

Sementara itu, pada puncak perayaan Senin, digelar jalan santai, senam sehat, donor darah, job fair, pengecekan kesehatan gratis, serta pasar murah yang melibatkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Jembrana.

Rangkaian acara tersebut dapat dinikmati secara gratis oleh warga Jembrana. Dalam setiap acara, masyarakat tampak antusias mengikuti kegiatan.

Baca juga: Dapat Dana CSR dari Bank Mandiri, Pemkab Jembrana Bangun Sentra Pengolahan Beras Terpadu

Selain itu, digelar pula pemberian penghargaan berupa piagam kepada para pengusaha serta ratusan sembako gratis bagi para buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com