Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kunjungi SPBU di Rest Area Batang, BPH Migas Pastikan Stok BBM di Semarang Aman

Kompas.com - 28/04/2023, 19:16 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Iwan Prasetya Adhi mengatakan, stok bahan bakar minyak (BBM) di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada arus balik tersedia dan aman.

"Alhamdulillah dari perencanaan yang matang untuk kegiatan mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah (HA), khususnya di area Semarang Jateng, stok aman dan tidak ditemukan kendala terkait stok maupun distribusi BBM,” ujarnya.

Dia mengatakan itu saat melaksanakan kunjungan lapangan terkait pengamanan stok BBM setelah Idul Fitri di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Rest Area kilometer (Km) 360 B, Batang, Selasa (26/4/2023).

Iwan juga mengapresiasi upaya yang dilakukan badan usaha, seperti operator SPBU yang mendapat jadwal bertugas menjelang, saat, dan setelah Idul Fitri.

"Apresiasi bagi para operator SPBU yang bertugas sehingga penyaluran BBM bagi para pengguna kendaraan bermotor dan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang melaksanakan kegiatan arus mudik dan balik dapat berjalan lancar," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Baca juga: BPH Migas Pastikan Penyaluran BBM untuk Arus Balik Aman dan Tersedia

Pada kesempatan berbeda, Anggota Komite BPH Migas lainnya Wahyudi Anas mengatakan, pihaknya tidak menemukan permasalahan dalam penggunaan jaringan gas kota (jargas) selama periode Ramadhan dan Idul Fitri (Rafi) 1444 H 2023.

Dia menyebutkan, pihaknya mengecek ketersediaan dan pelayanan dengan mewawancarai pengguna layanan jargas rumah tangga di wilayah Semarang dan sekitarnya.

“Dari wawancara langsung kepada masyarakat tidak ditemukan adanya gangguan dalam penggunaan fasilitas jargas selama Hari Raya Idul Fitri 1444 H dan masyarakat pengguna jargas merasa puas,” ujarnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) Kaligawe, Rabu (27/4/2023).

Selain itu, Wahyudi mendengarkan turut komentar positif dari masyarakat terkait penggunaan jargas untuk kemudahan dalam sehari-hari.

"Nilai manfaat yang dirasakan antara lain jargas dapat digunakan setiap waktu (24 jam). Jargas yang baik ditandai dengan api kompor yang berwarna biru," terangnya.

Hadir menemani kunjungan tersebut Sales Branch Manager (SBM) Pertamina Patra Niaga Semarang Agung KW, SBM Pertamina Patra Niaga Kendal Novan Reza P, dan Area Head Semarang Pertamina Gas Negara Sugianto Eko Cahyono.

Baca juga: Pantau Keamanan Layanan Gas Bumi di Lamongan, BPH Migas: Gas Bumi Over Suplai

Kunjungan dilakukan di SPBU 44.501.09 daerah Kalibanteng Semarang hingga ruas Rest Area KM 360 B Batang, Jateng. Selain itu, Iwan dan Wahyudi memgujungi SPBG di daerah Kaligawe Semarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com