Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemkab Ende Janji Segera Perbaiki Ruas Jalan Rusak di Trans Utara Flores

Kompas.com - 16/03/2023, 16:48 WIB
Serafinus Sandi Hayon Jehadu,
Krisiandi

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) berjanji akan memperbaiki sejumlah titik ruas jalan provinsi yang rusak di jalur Trans Utara Flores.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ende, ruas jalan yang rusak ada di beberapa titik, yakni di Maumeri, Tanali, Nggemo dan ruas Maurole-Kotabaru.

Wakil Bupati Ende Erikos Emanuel mengatakan, telah berkoordinasi dengan dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT untuk memperbaiki ruas jalan tersebut.

“Sudah koordinasi, dari pihak provinsi juga sudah mendapat respons bagus,” ujar Erikos saat dihubungi, Kamis (16/3/2023).

Baca juga: Seorang Pria Curi Yamaha Vixion di Ende, Sempat Tinggalkan Motor Miliknya di TKP

Politisi Partai Nasdem ini menyebutkan, dua titik, yakni Tanali dan Maumeri mendapat perhatian serius untuk segera diperbaiki. Pasalnya dua titik itu mengalami longsor.

"Kita harus turunkan alat berat karena di dua titik ini terjadi longsor, sehingga harus dikeruk," ujarnya.

Erikos berujar, Pemkab Ende akan berupaya untuk memperbaiki ruas jalan itu tanpa melihat status jalan provinsi atau kabupaten. Namun penanganan masih bersifat darurat.

"Kita tidak melihat status jalan, tetapi manfaatnya. Semua kita gotong royong. Dalam waktu dekat akan ditangani," katanya.

Baca juga: Stok Minyak Goreng di Ende Kosong, Bulog: Gula Pasir Sisa 600 Kilogram

Sebelumnya BPBD Ende telah mengirim laporan ke Pemprov NTT terkait kondisi Jalan Trans Utara Flores yang nyaris putus diterjang banjir.

"Kami sudah turun pantau. Sudah kami kirim laporan ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi NTT," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Ende Maria Yasinta Sare saat dihubungi, Jumat (3/3/2023).

Yasinta mengimbau warga yang hendak melintas melewati jalur utara Flores lebih berhati-hati terutama saat musim hujan. Sebab selain jalanannya rusak, juga rentan terjadi banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com