Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tambah Personel Kemanan, Gibran Sebut Pengamanan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Lebih Baik

Kompas.com - 10/03/2023, 15:38 WIB
Fristin Intan Sulistyowati,
Khairina

Tim Redaksi

 

SOLO, KOMPAS.com - Keamanan ibadah shalat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, Jawa Tengah meningkat.

Peningkatan ini terlihat di kawasan masjid Jalan Ahmad Yani, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, hingga di dalam masjid.

Tampak penambahan metal detected di pintu masuk masjid. Dengan adanya penambahan ini, ribuan pengunjung dicek badan dan tas bawaannya.

Baca juga: Persiapan Pembukaan Masjid Sheikh Zayed Solo 90 Persen, Pengurus Gelar Simulasi

Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo juga menempatkan personel untuk melakukan pengawasan dan pemantauan, pada Jumat (10/3/2023).

Kepala Polresta (Kapolresta) Solo Kombes Pol Iwan Saktiadi mengatakan, langkah ini diambil untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat beribadah.

"Dalam pengawasan dan pengamanan tersebut, kita akan melaksanakan patroli, sosialisasi dan edukasi kepada pengunjung. Sesuai dengan aturan masjid baik kepada pengunjung atau jemaah dan pelaku usaha di kawasan Masjid Raya Sheikh Zayed," kata Iwan Saktiadi, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Cerita Tuti Sewakan Toiletnya untuk Pengunjung Masjid Raya Sheikh Zayed, Saat Akhir Pekan Bisa Dapat Rp 800.000

Peningkatan keamanan ini juga diungkap Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka setelah melakukan shalat Jumat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

"Lebih baik, sudah kita evaluasi tadi, bisa lebih lancar sektornya sudah lengkap dengan pengamanan," kata Gibran Rakabuming Raka.

Peningkatan keamanan ini juga sebagai antisipasi membludaknya para pengunjung atau para jamaah masjid.

"Ini juga karena banyak yang ingin beribadah, apalagi Sabtu Minggu ini ada puluhan ribu. Tapi yang jelas yang masalah sampah dan lain-lain, kita lebih baik," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com