Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Unit Lampu Runway Bandara Mopah Merauke Dirusak OTK

Kompas.com - 10/03/2023, 09:41 WIB
Fuci Manupapami,
Pythag Kurniati

Tim Redaksi

MERAUKE, KOMPAS.com - Sebanyak 13 unit lampu runway di Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan dirusak oleh orang tidak dikenal (OTK).

Kasus dugaan perusakan ini telah dilaporkan oleh pihak Bandara Mopah ke Polres Merauke dan ditangani Tim opsnal Satuan Reskrim Polres Merauke.

"Berdasarkan laporan dari pihak Bandara Mopah Merauke atas nama inisial HM, seorang PNS, melaporkan telah terjadi kasus perusakan lampu runway Bandara Mopah,” terang Kasi Humas Polres Merauke, AKP Ahmad Nurung, Jumat (10/3/2023).

Baca juga: Oknum Anggota TNI Diduga Aniaya ABK hingga Tewas di Merauke, Danlantamal Selidiki

Ahmad mengatakan, peristiwa perusakan tersebut diduga terjadi pada Rabu (1/3/2023) sekitar pukul 06.30 WIT.

"Tempat kejadian perkaranya di area Runway 34 Bandara Mopah Merauke,” papar dia.

Menurut dia, pelapor yang bertugas di Bandara Mopah menerima pesan singkat dari seorang anggota TNI AU berinisial A oknum anggota TNI AU.

"Bahwa ada 23 lampu runway Bandara Mopah yang pecah namun saat dilakukan pengecekan bersama pelapor dan saksi atas nama inisial AA ternyata ada 13 lampu runway yang pecah atau rusak," katanya.

Perusakan lampu runway Bandara Mopah tersebut sangat disayangkan oleh pihak bandara.

Lampu itu memiliki fungsi yang sangat penting sebagai alat bantu visual untuk memberikan isyarat bagi pesawat yang hendak mendarat atau lepas landas.

"Akibat perusakan 13 unit lampu runway Bandara Mopah Merauke tersebut maka pihak Bandara Mopah Merauke mengalami kerugian material hingga puluhan juta rupiah,” tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com