Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Profesor Marsuki DEA Apresiasi Kinerja Danny Pomanto Tekan Inflasi di Makassar

Kompas.com - 02/03/2023, 15:38 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pakar Ekonomi Sulawesi Selatan (Sulsel) dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Profesor Dr Marsuki DEA mengapresiasi capaian kinerja Wali Kota (Walkot) Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto dalam mengendalikan inflasi di wilayahnya.

Ucapan Marsuki bukan tanpa alasan. Tercatat, inflasi di Kota Makassar pada Februari berada di angka 5,81 persen atau turun 0,12 persen dari sebelumnya 5,93 persen pada Januari 2023.

Menurut Marsuki, capaian itu tak lepas dari pengaruh positif berbagai kebijakan dan program yang dijalankan Ramdhan atau yang akrab disapa Danny pada periode kedua kepemimpinannya di Makassar.

Pengaruh positif tersebut, baik berupa program berkelanjutan, seperti Lorong Wisata maupun program yang baru digagas Danny saat ini, yaitu Ojol Day.

"Tentu saja (ada) pengaruh positif dari beberapa kebijakan-kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, termasuk kerja sama dengan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Tim Pengendalian Inflasi Nasional (TPIN) yang terus dilakukan para otoritas terkait," ujar Marsuki dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Harga Ikan Tongkol Mahal Jadi Penyumpang Tertinggi Inflasi di Aceh

Marsuki menyampaikan bahwa persoalan inflasi dipengaruhi oleh perilaku konsumen yang terus meningkat selepas pandemi Covid-19.

Persoalan itu, kata dia, (juga dipengaruhi dari) faktor sisi penawaran yang terganggu akibat proses peningkatan produksi. Peningkatan ini akibat dari tekanan harga-harga input produksi serta biaya transportasi dan delivery atau pengiriman.

Meski pengaruhnya banyak, Marsuki menyebutkan bahwa ada tren perbaikan perkembangan beberapa indikator perekonomian utama yang membaik.

Selain itu, ada juga perkembangan menakjubkan beberapa kabupaten atau kota secara umum.

"(Perkembangan itu) di antaranya dapat ditunjukkan oleh beberapa indikator berikut. Mereferensi data Kota Makassar yang tampaknya tumbuh lebih baik dibanding nasional dan Sulsel memang menunjukkan (perkembangan) lebih tinggi,” jelas Marsuki.

Baca juga: Saat Jokowi Ingin Masyarakat Belanjakan Uangnya demi Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi...

Ia mengungkapkan, Kota Makassar juga mengalami pertumbuhan ekonomi dengan pendapatan per kapita sebesar 8,36 persen.

Di samping itu, kata Marsuki, tingkat kemiskinan Kota Makassar berada di posisi terendah 4,58. Sementara itu, indeks pembangunan manusia (IPM) pada 2022 menempati posisi tertinggi, yaitu 83,12.

Marsuki berharap, Makassar sebagai ibu kota Sulsel terus berbenah agar apa yang dicapai pada periode 2022 akan lebih baik lagi pada 2023.

"Peluang terus ada selama beberapa program kerja dapat lebih terkoordinasi dan terarah sesuai rencana-rencana kerja yang sudah disusun," imbuhnya.

Seperti diketahui, IPM 2022 Kota Makassar berada di angka 83,12 atau meningkat 0,46 persen dari IPM 2021, yaitu 82,66. Hal ini menjadi bukti bahwa IPM Kota Makassar mampu mencatat angka positif seiring pertumbuhan ekonomi dan inflasi yang membaik.

Baca juga: Gubernur NTT Terbitkan SE Imbau Warga Jalan Kaki untuk Tekan Inflasi

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com