Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Aksi Polisi di Lubuklinggau Nyanyikan Lagu "Happy Birthday" Saat Tangkap Pelaku Pencurian yang Sedang Tidur

Kompas.com - 10/02/2023, 20:11 WIB
Maya Citra Rosa

Editor

KOMPAS.com - Viral di media sosial video polisi menangkap pelaku pencurian di Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) dengan menyanyikan lagu Happy Birthday.

Aksi spontan ini dilakukan para polisi saat sedang menangkap pelaku pencurian yang sedang tidur, kemudian terlihat tulisan Happy Birthday di dinding rumah lokasi penangkapan.

Polisi pun membangunkan pelaku sambil menyanyikan lagu Happy Birthday secara spontan.

Diketahui, proses penangkapan ini dilakukan Tim Macan Satreskrim Polres Lubuklinggau secara cepat karena pelaku tidak melakukan perlawanan meski sempat buron selama tujuh bulan.

Pelaku berinisial R alias BM (17) terlibat kasus pencurian sparepart di gudang Stasiun Kereta Api (KAI) Lubuklinggau.

Baca juga: Pendaftaran Calon Komisioner KPU Sumbar Dibuka, 4 Petahana Berpeluang Lolos

Kasat Reskrim Polres Lubuklinggau AKP Robby Sugara membenarkan proses penangkapan tersebut. Menurutnya, hal ini juga sejalan dengan mengedepankan sisi humanis, karena pelaku yang masih di bawah umur.

"Kami tidak mengiranya (viral), maksud dan tujuan cara penangkapan itu, agar tersangka yang kebetulan masih remaja dibawah umur, tidak terkejut dengan kehadiran Polisi," ungkapnya dilansir dari Tribunnews.com, Jumat (10/2/2023).

 

Menurut Kanit Pidum Polres Lubuklinggau, Iptu Jemmy Amin Gumayel, proses penangkapan ini dilakukan di rumah pelaku yang berada di daerah padat penduduk.

"Alhamdulillah efektif, bahkan kita lihat sendiri dalam video itu tersangka Baim DPO kasus pencurian besi, ikut tersenyum, melihat tindakan upaya penangkapan dari Tim Macan Linggau," terangnya.

Menurutnya cara penangkapan seperti ini lebih diutamakan daripada menggunakan kekerasan.

"Tidak boleh abuse of power ataupun penggunaan kekuatan yang berlebihan, kita tetap mengedepankan HAM dalam melakukan upaya persuasif terhadap para tersangka," lanjutnya.

Baca juga: Lahan Jagung yang Diserang Hama Ulat Grayak di Flores Timur Capai 200 Hektare

Sebagai informasi, pelaku R buron sejak 6 Juli 2022, dan sering berpindah-pindah tempat tinggal untuk menghindari pengejaran polisi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Polisi di Sumsel Menyanyikan Lagu Happy Birthday saat Tangkap Pelaku Pencurian, Pelaku Sempat Buron

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com