Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gunung Karangetang di Sitaro Sulut Paling Aktif di Indonesia, Erupsi Hampir Setiap Tahun

Kompas.com - 08/02/2023, 21:32 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

 

MANADO, KOMPAS.com - Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara (Sulut) merupakan gunung api paling aktif di Indonesia.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM menyebut, gunung yang berada pada ketinggian 1.784 meter di atas permukaan laut, itu sering mengalami kejadian erupsi hampir setiap tahun.

"Gunung Api Karangetang merupakan gunung api paling aktif di Indonesia dengan seringnya mengalami kejadian erupsi hampir setiap tahun," kata Kepala Badan Geologi ESDM Muhammad Wafid dalam keterangan tertulis, Rabu (8/2/2023).

Baca juga: Guguran Lava Gunung Karangetang Mengarah ke Kali Batang Beha dan Nanitu Kinali

Terhitung mulai Rabu (8/2/2023) pukul 16.00 WIB, status aktivitas Gunung Karangetang menjadi level III atau siaga.

"Hasil evaluasi aktivitas vulkanik secara visual dan kegempaan menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas, dan dinilai tingkat aktivitas Gunung Karangetang dinaikkan dari level II (waspada) menjadi level III (siaga)," ujar Muhammad Wafid.

Baca juga: Status Gunung Karangetang di Sitaro Sulut Naik Jadi Siaga

Dia menjelaskan, Gunung Karangetang merupakan gunung api strato, secara geografis terletak pada posisi koordinat 2°47' Lintang Utara dan 1250 24' Bujur Timur.

Secara administratif, Gunung Karangetang berada di Pulau Siau yang termasuk ke dalam wilayah Sitaro, Sulut.

Gunung Karangetang diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) yang berlokasi di Desa Salili, Sitaro, Sulut.

Aktivitas vulkanik Gunung Karangetang dicirikan oleh pertumbuhan kubah lava yang terus bertambah umumnya terjadi pada kawah utama atau bagian selatan.

Karakteristik erupsi Gunung Karangetang adalah erupsi efusif atau leleran lava. Sejak 25 November 2018 pusat erupsi berada di kawah dua atau bagian utara, menghasilkan endapan lava di sepanjang sungai Malebuhe hingga mencapai laut. Aktivitas erupsi di kawah utara tampak mulai berhenti pada Maret 2019.

Pada 20 Juli 2019 erupsi efusif terjadi lagi namun pusat aktvitas berpindah ke kawah utama, erupsi ditandai dengan terjadinya luncuran lava pijar.

Luncuran lava pijar umumnya ke bagian barat, meluncur maksimum sejauh 1.800 meter, serta luncuran ke arah tenggara, selatan dan barat daya maksimum meluncur jarak sejauh 2200 meter, dari pusat kegiatan. Tingkat aktivitas Gunung Karangetang adalah level II atau waspada sejak 9 Februari 2021.

Bahaya Gunung Karangetang umumnya diakibatkan oleh guguran lava dari kubah lava dan bahaya sekunder berupa lahar.

"Risiko bahaya semakin tinggi karena daerah di sekitar Gunung Karangetang memiliki jarak antara batas pantai dengan pusat erupsi hanya lebih kurang 4 kilometer dan di dalamnya terdapat banyak permukiman," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com