Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puting Beliung Terjang Sumbawa, 4 Rumah Rusak

Kompas.com - 08/02/2023, 11:33 WIB
Susi Gustiana,
Krisiandi

Tim Redaksi

SUMBAWA, KOMPAS.com - Hujan deras disertai petir dan puting beliung menyebabkan dua rumah warga dan atap gedung Posyandu rusak berat di Dusun Mekar Jaya, Desa Suka Mulya, Kecamatan Labangka, Kabupaten Sumbawa Rabu (8/2/2023) dini hari pukul 02.00 Wita.

Puting beliung juga menyebabkan dinding dan atap rumah warga rusak berat dan enam rusak ringan di Desa Labuhan Bajo, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa Rusdianto membenarkan terjadinya angin puting beliung dan hujan deras yang mengakibatkan rumah warga rusak.

Baca juga: Hadapi Puncak Musim Hujan, BPBD Sumbawa Minta Warga Waspada Banjir, Longsor dan Rob

"Kami sedang monitoring dan asesmen dampak cuaca ekstrem angin puting beliung dan angin kencang yang terjadi di beberapa kecamatan telah merusak rumah warga dan fasilitas umum serta pohon tumbang," kata Rusdianto yang dikonfirmasi Rabu (8/2/2023).

Sejauh ini, dampak angin puting beliung tidak menyebabkan korban jiwa.

Rusdianto mengimbau warga agar waspada dampak puncak hujan dalam satu pekan ke depan.

Baca juga: Warga Terdampak Banjir Bandang di Sumbawa Kesulitan Air Bersih

Ia juga meminta kepada warga yang akan bepergian agar berhati-hati apabila melintasi lokasi jalan dengan banyak pohon besar.

"Mengingat cuaca yang buruk, kami mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada, jika tengah terjadi cuaca buruk seperti hujan disertai angin kencang agar menghindari tempat-tempat berbahaya" harap Rusdianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com