Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Desa di Boyolali Dilanda Hujan Abu Gunung Merapi, Aktivitas Masyarakat Normal

Kompas.com - 08/02/2023, 10:32 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

BOYOLALI, KOMPAS.com - Hujan abu terjadi di tiga desa di  Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (8/2/2023) pagi. Hujan abu dengan intensitas tipis dan sedang terjadi setelah awan panas guguran (APG) Merapi pada Rabu (8/2/2023) pukul 07.10 WIB.

Awan panas guguran tercatat di seismogram dengan amplitudo 52 mm dan durasi 130 detik. Jarak luncur 1500 meter ke arah Kali Boyong (barat daya).

Baca juga: Pagi Ini, Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran dengan Jarak Luncur 1.500 Meter

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Widodo Munir, membenarkan terjadinya hujan abu di wilayah Boyolali. Ada tiga desa yang terkena hujan abu Merapi tersebut.

"Sruni (Kecamatan Musuk), Mriyan dan Sangup (Kecamatan Tamansari). Hujan abu tidak berlangsung lama," kata Widodo dikonfirmasi Kompas.com, Rabu.

Menurut dia hujan abu Gunung Merapi tidak menganggu aktivitas masyarakat di tiga desa. Masyarakat tetap melakukan kegiatan seperti biasa.

Widodo juga menyampaikan awan panas guguran terjadi hanya sekali. Kendati demikian, pihaknya sudah mengirimkan masker bagi masyarakat di tiga desa.

"Kita sudah kirim masker ke sana. Aktivitas masyarakat normal," ungkap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com