Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Sempat Tutup Jalur Penghubung Kota dan Kabupaten Semarang, Dikhawatirkan Ada Susulan

Kompas.com - 07/02/2023, 17:27 WIB
Dian Ade Permana,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Jalur penghubung antara Kabupaten dan Kota Semarang mengalami longsor pada Senin (6/2/2023).

Longsor yang sempat memutus akses Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang dengan Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang tersebut terjadi di Dusun Kaligawe, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

Baca juga: Jalan Tertimbun Material Longsor, 1 Kecamatan di Manggarai NTT Terisolasi

Koordinator Lapangan Relawan BPBD Kabupaten Semarang, Prapto Nugroho mengatakan, pembersihan material longsor tersebut dilakukan Selasa (7/2/2023). "Selain pembersihan material, juga dilakukan langkah untuk meminimalkan potensi longsor susulan," ujarnya.

Longsor susulan masih mungkin terjadi, karena kondisi tebing yang rawan dan potensi hujan yang tinggi. "Antisipasi dilakukan dengan membuat struktur terasering di bawah mahkota longsor dari tebing hutan Penggaron setinggi hampir 35 meter," kata Prapto.

Sementara untuk pembersihan material dilakukan dengan mengerahkan relawan, TNI, warga, dan petugas Perhutani dibantu dengan alat mini backhoe, satu unit dump truk dan mobil tangki air BPBD.

“Namun karena peralat BPBD seperti mini backhoe tidak bisa naik hingga sekitar mahkota longsor, pembuatan struktur terasering ini dilakukan dengan cara serta peralatan manual,” jelasnya.

Menurut Prapto, upaya penanganan longsor di Dusun Kaligawe harus dilakukan dengan hati-hati, karena kondisi tanah dan tebing yang longsor masih cukup rentan. "Sehingga di atas tebing ada pengawas keselamatan, ini

untuk memastikan bahwa potensi longsor tidak membahayakan para relawan yang bekerja membersihkan material longsor di bawah," ungkapnya.

Penanganan tebing yang longsor juga dilakukan dengan mengurangi beberapa vegetasi atau tanaman agar beban tebing yang rawan longsor dapat dikurangi.

Baca juga: Di Sini Satu Kampung Semua Terancam Longsor, Warga Sudah Mengungsi Takut Longsor Susulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com