Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Daop III Cirebon Resmikan Kereta Lori Dresin Inspeksi Siaga Kebencanaan

Kompas.com - 05/01/2023, 12:25 WIB
Muhamad Syahri Romdhon,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

CIREBON, KOMPAS.com – PT Kereta Api Daop III Cirebon, Jawa Barat, meresmikan satu kereta Roli Dresin Inspeksi, pada Kamis (5/1/2023) pagi.

Kereta ini difungsikan untuk inspeksi pemeriksaan jalur serta kondisi stasiun secara berkala. Dalam musim hujan ini, pemeriksaan dilakukan secara intensif untuk mengantisipasi adanya potensi musibah di perlintasan kereta api.

Peresmian dilakukan dengan cara gelar apel, pemotongan pita, dan penyiraman air kendi oleh Direktur Keselamatan Pt Kereta Api, Sandry Pasambuna, bersama Vice Presiden Daop III Cirebon Takdir Santoso.

Baca juga: Perbaikan Rel yang Tergerus Banjir di Tegal Rampung, Perjalanan Kereta Api Kembali Normal

Sandry menegaskan, keberadaan lori dresin sangat urgen untuk memastikan keselamatan para penumpang. Saat inspeksi, seluruh masalah dan hambatan yang ada di perlintasan dan juga di sekitar stasiun akan diketahui dan segera diperbaiki.

“Lori ini memang dibuat untuk inspeksi di lapangan, terutama saat ini musim hujan, jadi untuk membersihan, memastikan kondisi lapangan, aman dan bisa dilalui oleh kereta api,” kata Sandry usai peresmian di Stasiun Cirebon.

Vice Presiden PT KAI Daop III Cirebon, Takdir Santoso menyebut, keberadaan lori dresin yang baru dinilai mendesak karena kondisi cuaca ektrem yang terus terjadi. Potensi kebencanaan juga tersebar di beberapa titik, sehingga membutuhkan kesiapsiagaan.

“Inspeksi menggunakan kereta lori dresin akan dimaksimalkan dengan skala satu minggu sekali atau bahkan sesuai kebutuhan satu atau dua hari sekali sesuai kebutuhan. Jalur lintasan tersebar di wilayah Daop III Cirebon,” tambah Takdir.

Baca juga: Rel di Tegal Tergerus Banjir, Perjalanan Kereta Api Purwokerto-Semarang Terhambat

Pasca momen peresmian ini, tim langsung melakukan inspeksi ke jalur ke wilayah Stasiun Jatibarang Kabupaten Indramayu.

Mereka melintasi beberapa titik jalur yang berpotensi terjadinya kendala. Mereka akan kembali memeriksa dan memperbaiki dengan bantuan tim perbaikan.

Takdir juga memastikan, selain Kereta Lori Dresin Inspeksi, PT KAI Daop III Cirebon telah menyiagakan rangakan kereta yang mengangkut AMUS (Alat Material Untuk Siaga) yang tersebar di seluruh stasiun wilayah Daop III Cirebon. Amus, crane, dan juga kereta resque akan bergerak cepat apabila terjadi hal di sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com