Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah 5 Tahun Tewas Tenggelam di Kolam Renang Purbasari Pancuran Mas Purbalingga

Kompas.com - 20/12/2022, 20:41 WIB
Iqbal Fahmi,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

PURBALINGGA, KOMPAS.com - Seorang bocah berusia lima tahun meninggal dunia tenggelam di area kolam renang Taman Pendidikan Purbasari Pancuran Mas Purbalingga, Jawa Tengah, Minggu (18/12/2022).

Korban berinisial MDS merupakan warga Desa Karang Poh, Kecamatan Pulosari, Pemalang yang datang bersama rombongan wisata TK Pulosari.

Direktur Purbasari Pancuran Mas, Junjung mengatakan, peristiwa nahas itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. Korban yang seharusnya berada di kolam anak sedalam 30 centimeter lepas dari pengawasan hingga berada di kolam dewasa.

Baca juga: Nasib Nahas Pria yang Tewas Tenggelam Saat Terindikasi Mencuri Kabel Telkom

"Jadi korban ini lepas dari pengawasan orangtua lalu terpeleset saat bermain di sekitar kolam dewasa yang dalamnya 1 meter," katanya ketika dikonfirmasi, Selasa (20/12/2022).

Sesaat begitu terjatuh ke kolam, pengunjung sekitar dan petugas 'lifeguard' langsung mengangkat korban ke darat.

"Petugas lifeguard sudah berusaha memberikan pertolongan pertama dengan pompa, korban juga sempat muntah dan langsung kami larikan ke rumah sakit terdekat," ujarnya.

Namun korban mengembuskan napas terakhirnya ketika berada di perjalanan. Dari keterangan dokter, kata Junjung, korban meninggal karena masuknya air ke dalam paru-paru.

Kapolsek Padamara, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Tri Aryo mengatakan, penyidik Polres Purbalingga dan Inafis telah melakukan olah TKP dan meminta keterangan saksi termasuk penjaga kolam renang.

Dari hasil olah TKP, Tri Aryo menyebut jika kolam renang sudah sesuai standar, dan penjaga juga sudah memberikan imbauan kepada rombongan.

"Musibah itu terjadi diduga karena orangtua lalai tidak menjaga anak malah nonton festival kentongan," terangnya.

Dari hasil pemeriksaan dokter puskesmas Padamara, korban dinyatakan meninggal karena tenggelam.

"Setelah selesai pemeriksaan jenazah kami serahkan ke keluarga korban di Pulosari, Pemalang mereka menerima dengan ikhlas," ujarnya.

Pihak manajemen Purbasari Pancuran Mas sendiri memberikan tali asih sebesar Rp 30 juta kepada keluarga korban, serta membantu pengajuan asuransi jiwa sebesar Rp 10 juta.

Baca juga: Telkom Pastikan Pria yang Tewas Tenggelam di Pademangan Bukan Karyawannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com