Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sosok Iptu Umbaran Wibowo, Intel yang Menyamar Jadi Wartawan, di Mata Jurnalis Blora

Kompas.com - 15/12/2022, 13:16 WIB
Aria Rusta Yuli Pradana,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

BLORA, KOMPAS.com - Nama Umbaran Wibowo mendadak viral menghiasi sejumlah pemberitaan di media massa ataupun media online nasional.

Penyebabnya karena Umbaran Wibowo yang merupakan perwira Polri sempat terjun sebagai seorang wartawan selama belasan tahun di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Meskipun sempat mengecoh rekan jurnalis, namun di mata wartawan Blora, Umbaran Wibowo merupakan sosok yang baik dan peduli dengan wartawan.

Baca juga: Eks Wartawan TVRI Ini Jabat Kapolsek di Blora

Salah seorang wartawan bernama Muji mengaku Umbaran Wibowo sering membantu rekan-rekan wartawan dalam melaksanakan tugas-tugas jurnalistik.

"Mas Bowo orangnya baik, sering ngopi bareng, dan tak jarang juga mentraktir kita-kita," ujar Muji kepada Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Bahkan, dirinya punya pengalaman menarik saat liputan bareng Umbaran Wibowo di Mapolres Blora beberapa tahun lalu.

"Waktu itu, Mas Bowo juga sempat sesekali bersitegang dengan polisi karena menghalangi tugas kami sebagai wartawan," kata dia.

Muji mengaku telah mengetahui Umbaran Wibowo sebagai polisi pada 2021, sejak yang bersangkutan terlihat memakai seragam Polri pada sebuah acara serah terima jabatan di Mapolres Blora.

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Blora, Heri Purnomo mengaku telah mengenal Umbaran Wibowo sejak 2015.

Baca juga: Polda Jateng Sebut Iptu Umbaran Bukan Karyawan Tetap TVRI, Ini Jabatan Strategis Sebelum Jadi Kapolsek

"Kapan mulai gabung PWI saya kurang tahu, karena saya jadi kontributor iNews TV tahun 2015, Umbaran Wibowo sudah di PWI," kata dia berdasarkan keterangan tertulisnya, Kamis (15/12/2022).

Terkait dengan status Umbaran Wibowo yang sempat bergabung sebagai anggota PWI, dirinya tidak mengetahui asal mulanya.

"Masalah bagaimana bisa seperti di atas saya juga enggak tahu karena saya jadi ketua PWI baru bulan Maret 2022 kemarin," terang dia.

Sejak 2015 mengenal Umbaran Wibowo, dirinya mengetahui Umbaran merupakan kontributor TVRI.

"Karena sama sama kontri TV, sering liputan bareng, dan tidak tahu kalau dia itu seorang Polisi. Sampai akhirnya dia mulai dinas pertama kali di Polres Blora di 2021 sebagai Kanit Intel Polres Blora, baru tahu kalau dia polisi," jelas dia.

"Pertengahan tahun 2022 ia dilantik menjadi Wakapolsek Blora kota. Saya sebagai ketua sebelumnya sudah melaporkan ke PWI Jateng. Dan sewaktu menjadi wakapolsek, dia mengundurkan diri sebagai anggota PWI," imbuh dia.

Baca juga: Fakta Wartawan di Blora Jadi Kapolsek, 14 Tahun Menyamar Jadi Kontributor TVRI

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com