Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seniman dan Pedagang Pasar Gede Solo Tumpengan Ikut Berbahagia Jokowi "Ngunduh Mantu"

Kompas.com - 06/12/2022, 12:28 WIB
Labib Zamani,
Ardi Priyatno Utomo

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Para seniman dan pedagang Pasar Gede Solo ikut berbahagia dengan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dengan Erina Gudono.

Mereka menggelar acara tumpengan dan sajian buah-buahan di pintu utama masuk Pasar Gede Solo, Jawa Tengah, Selasa (6/12/2022).

Baca juga: Jelang Ngunduh Mantu Kaesang-Erina, Polisi Bakal Sosialisasikan Pengalihan Arus di Solo

Pedagang juga membawa poster bertuliskan, "Pedagang Pasar Gede Solo ikut berbahagia Pak Jokowi ngunduh mantu".

Tak hanya itu. Beberapa pedagang dan seniman ada yang memakai kalung terbuat dari cabai dan hiasan di kepala berupa buncis, cabai, dan bawang merah.

"Mereka menggunakan ini lombok dan sebagai memang itu lekat dengan produk-produk pasar tradisional kita. Jadi ini inisiatif dari para pedagang pasar tradisi mereka pengin rasa syukurnya, rasa bahagianya dengan cara mengajak seniman untuk bisa mengadakan kegiatan kecil ini," kata seniman Solo, Heru Mataya, Selasa.

Sedikitnya ada tiga tumpeng nasi kuning dan buah-buahan yang didoakan para pedagang dan seniman untuk mendoakan agar ngunduh mantu Kaesang dan Erina di Solo berjalan dengan lancar.

"Ini salah satu kebahagiaan masyarakat juga sebenarnya. Ini semua yang disajikan hasil bumi," ungkap dia.

Salah satu pedagang Pasar Gede Solo, Harni, mengatakan, pedagang Pasar Gede Solo merasa senang dan ikut berbahagia dengan ngunduh mantu anak bungsu Presiden Jokowi.

"Mudah-mudahan menjadi anak yang saleh dan salehah dan menjadi keluarga yang tenteram, banyak rezeki, seperti kakaknya itu (Gibran)," ungkap Harni.

Harni mengaku, dirinya sudah pernah melihat secara langsung Kaesang saat ke Pasar Gede. Saat itu, kata dia, Kaesang bersama Presiden Jokowi dan Gibran belanja di Pasar Gede. Adapun untuk calon istri Kaesang, Erina Gudono, dirinya mengatakan belum pernah melihat.

"Mas Kaesang pernah melihat. Kalau calon istrinya belum pernah (melihat). Mas Kaesang sama Bapak Presiden sama kakaknya (Gibran) sering belanja ke sini. Belanja buah," ucap Harni.

Baca juga: 2.188 Polisi Disiagakan untuk Amankan Ngunduh Mantu Kaesang-Erina di Solo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com