Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Kirimkan Bantuan Rp 533 Juta untuk Korban Gempa Cianjur, Gubernur Syamsuar: Uang Paling Dibutuhkan Mereka

Kompas.com - 28/11/2022, 18:02 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Riau mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Jabar). Adapun besaran bantuan yang disalurkan mencapai Rp 533 juta.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, bantuan yang diberikan kepada korban gempa  Cianjur terkumpul dari sumbangan sejumlah jajaran dari organisasi perangkat daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Riau.

“Bantuan yang terkumpul berjumlah Rp 533 juta dan akan kami tugaskan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Riau untuk mengirimkannya. Kami bantu para korban gempa bumi Cianjur dengan uang tunai,” ungkap Syamsuar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Anwar Ibrahim Jadi PM Malaysia, Gubernur Riau Berharap Pembangunan Jembatan Selat Malaka Terwujud

Syamsuar menambahkan, bantuan uang tunai tersebut dikumpulkan mulai dari dirinya, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Sekretaris Daerah (Sekda), pimpinan dan seluruh jajaran OPD, hingga BUMD Riau.

Pemberian bantuan uang tunai itu pun sesuai dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kenapa kami kirimkan uang, karena uang ini yang paling diperlukan oleh mereka. Arahan dari Mendagri lebih baik uang, karena belanja tidak terduga (BTT) Cianjur itu hanya sedikit,” ujar Syamsuar.

Lebih lanjut, Syamsuar mengatakan, pihaknya akan berusaha untuk memberikan tambahan bantuan lagi, salah satunya melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Riau.

“Uang bantuan Rp 533.105.000 diharapkan nantinya akan ada tambahan lagi. Mungkin salah satunya dari Baznas Riau. Namun untuk berapa besaran jumlahnya belum ditentukan,” kata Syamsuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com