0
KILAS DAERAH

Kilas Daerah Banyuwangi

Tingkatkan Kualitas Branding UMKM, Pemkab Banyuwangi Fasilitasi Endorsement Foto dan Video Gratis

Kompas.com - 19/11/2022, 20:59 WIB
Siti Sahana Aqesya,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com –  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi memfasilitasi pembuatan foto dan video promosi ratusan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara gratis. Hal ini guna menunjang sektor UMKM,

Fasilitas tersebut diberikan oleh Pemkab Banyuwangi lewat Endorsement Week yang tergabung dalam program kemitraan UMKM Naik Kelas Seri 2 yang dicanangkan pemerintah.

Adapun produk yang mendapat bantuan foto dan video promosi gratis meliputi kategori kuliner, fesyen, hingga suvenir.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, bantuan yang diberikan oleh pihaknya bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas branding produk UMKM.

Ipuk mengaku, materi pengambilan foto dan video digarap oleh fotografer dan videografer pilihan. Bahkan, untuk keperluan endorsement, Pemkab Banyuwangi juga mempersiapkan model.

“Bagi pelaku UMKM, branding produk kini menjadi penting untuk menambah daya saing. Oleh karena itu, kami fasilitasi gratis foto dan video produk untuk menaikkan kualitas branding para pelaku UMKM," katanya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga: Pelaku UMKM di Jember Manfaatkan Edamame untuk Bahan Baku Produk

Selain memfasilitasi branding produk, lanjut Ipuk, Pemkab Banyuwangi juga memberikan pelatihan branding melalui lokakarya bersama sejumlah mentor.

Adapun untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM, diberikan pula mentoring, sertifikasi, inkubasi UMKM, bantuan alat usaha, dan jembatan ke akses modal murah.

"Kami juga memfasilitasi kebutuhan aspek legal UMKM, seperti Nomor Induk Berusaha (NIB) dan sertifikat Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), untuk memudahkan pelaku UMKM ke akses perbankan,” tambah Ipuk.

Pada kesempatan sama, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Banyuwangi Nanin Oktaviantie mengatakan bahwa hasil foto, video, dan pelatihan dari program Endorsement Week akan diserahkan kepada para pelaku UMKM.'

"Selanjutnya, UMKM bisa menggunakan (foto dan video yang telah direkam) untuk memasarkan produknya. Kami juga akan membantu pemasaran online-nya," ujar Nanin.

Baca juga: Mesin Sangrai Kopi Lokal Indonesia Ramah UMKM, Simak Keunggulannya

Upaya Pemkab Banyuwangi dalam memberdayakan UMKM tersebut mendapat apresiasi dari penyanyi lagu pop Jawa ternama, Denny Caknan.

"Keren, Banyuwangi, semoga sukses terus. Untuk teman-teman yang mengambil foto dan video, semangat, ya, semuanya," ujar Denny yang tengah mengunjungi Pendopo Banyuwangi untuk melihat langsung sesi pemotretan dan pengambilan video produk UMKM.

Baca tentang

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com