Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS DAERAH

Bobby Nasution: Saya Ingin Bangun Wilayah Medan Utara Sesuai Janji Kampanye Dahulu

Kompas.com - 16/11/2022, 16:19 WIB
Fransisca Andeska Gladiaventa,
A P Sari

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Wali Kota (Walkot) Medan Bobby Nasution menyampaikan keinginannya membangun Kecamatan Medan Belawan. Ia bahkan terinspirasi untuk membuat kantor cabang di kecamatan ini.

“Banyak orang baik itu warga Medan maupun wisatawan yang belum mengenal Medan Utara, khususnya daerah Belawan. Maka dari itu, saya ingin membangun Medan Utara sesuai dengan janji yang saya galakkan pada kampanye dahulu dan menyelesaikan beberapa permasalahan yang ada di Kecamatan Medan Belawan ini,” ucap Bobby saat wawancara bersama Kompas.com, di Kantor Walkot Medan, Kecamatan Medan Belawan, Medan Utara, Senin (14/11/2022).

Menurutnya, banyak permasalahan di Medan Belawan yang belum tersentuh, mulai dari infrastruktur belum memadai, tingkat pendidikan masih rendah, pernikahan dini yang menyebabkan tingginya perceraian, serta tingkat kriminalitas dan penggunaan narkoba yang tinggi.

“Generasi muda di Kecamatan Medan Belawan banyak yang kreatif dan masih memiliki semangat besar. Sayangnya, tidak ada tempat bagi mereka untuk menyalurkan hal tersebut. Akibatnya, banyak yang tawuran dan lari ke narkoba,” ujar Bobby.

Maka dari itu, kata Bobby, ia mulai mengajak generasi muda untuk memahami dan mendukung lewat edukasi secara formal dan nonformal melalui beberapa program.

Salah satu program yang dimaksud seperti di bidang olahraga dengan memberikan lapangan olahraga dan taman untuk tempat kreativitas mereka.

“Rencananya, tahun depan di Sicanang akan dibangun taman dan lapangan olahraga,” kata Bobby.

Baca juga: Berhasil Bina Perusahaan dan Jaga Iklim Usaha, Walkot Bobby Nasution Dapat Penghargaan dari Gubernur Sumut

Lima program unggulan Pemkot Medan

Pemerintah Kota (Pemkot) Medan terus berupaya untuk menyinergikan program-program pemerintah agar Medan bisa pulih dan bangkit lebih cepat.

Guna mewujudkan hal tersebut, Bobby mengatakan, pada semester I-2022 banyak program-program yang menjadi fokus Pemkot Medan untuk bangkit lebih kuat.

Berbagai program itu, sebut dia, mulai dari pembangunan infrastruktur, pengembangan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, serta peningkatan pelayanan publik.

“Jadi pada semester II-2022, Pemkot Medan akan melanjutkan kembali program pembangunan yang belum terselesaikan dan akan lebih memprioritaskan dalam pembangunan lima program unggulan,” ungkapnya.

Bobby menjelaskan, Pemkot Medan memiliki lima program prioritas, yakni Pelayanan Kesehatan, Pembangunan Infrastruktur Jalan, Penanganan Persampahan, Medan Tanpa Banjir (Tajir), dan Penataan Kawasan Heritage.

Baca juga: Bobby Nasution Buka Akses Jalan Aman Medan Helvetia yang Puluhan Tahun Tertutup Bangunan Liar

Bobby mengatakan, program-program yang dilaksanakan adalah program prioritas yang didasarkan pada kebutuhan pembangunan Kota Medan untuk mendukung peningkatan dan pemerataan, mulai dari lapangan pekerjaan, kualitas pelayanan publik, serta peningkatan daya saing antar wilayah Kota Medan.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkot Medan membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat, khususnya dari sisi pendanaan untuk membantu keterbatasan fiskal.

"Sedangkan dari sisi masyarakat, Pemkot Medan membutuhkan partisipasi aktif dalam mendukung program-program yang dilaksanakan oleh Pemkot Medan dengan cara menjaga hasil pembangunan yang telah terlaksana,” ujar Bobby.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com