Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa M 5,0 Guncang Bolaang Mongondow Selatan Sulut, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 15/11/2022, 19:55 WIB
Skivo Marcelino Mandey,
Khairina

Tim Redaksi

MANADO, KOMPAS.com - Wilayah Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), diguncang gempa tektonik, Selasa (15/11/2022) pukul 18.02 WIB.

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0," kata Koordinator bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado, Edward Henry Mengko.

Ia menjelaskan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,01° LS ; 124,37° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 60 kilometer arah tenggara Bolaang Uki, Sulut, pada kedalaman 55 kilometer.

Baca juga: Gempa M 5,2 Guncang Maluku Barat Daya, Tak Berpotensi Tsunami

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Sangihe.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar naik (oblique thrust).

"Gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bolaang Mongondow Selatan dengan skala intensitas II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Baca juga: Gempa Bumi M 4,1 Guncang Sumba Barat NTT, Tak Berpotensi Tsunami

Hingga pukul 18.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," imbaunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com