Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos Perang Bubat Masih Membayangi Suku Jawa-Sunda, Ridwan Kamil dan Gibran Gagas Pertukaran Nama Jalan

Kompas.com - 29/10/2022, 10:50 WIB
Labib Zamani,
Dita Angga Rusiana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka tengah menggagas nama jalan sebagai simbol kekuatan Bhineka Tunggal Ika.

Ada dua nama yang telah disiapkan untuk disematkan di Solo dan Jawa Barat yakni Jalan Siliwangi dan Jalan Surakarta.

"Kita ada gagasan nanti di Solo ada nama Jalan Siliwangi. Di Jabar nanti saya carikan nama jalan Surakarta. Sehingga kekuatan Bhinneka Tunggal Ika Jawa-Sunda bisa menyatu dalam simbolisme yang baik," kata Ridwan Kamil saat bertemu dengan Gibran di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022).

Baca juga: Ridwan Kamil Temui Gibran di Loji Gandrung, Ini yang Dibicarakan

Menurut Ridwan Kamil pertukaran nama jalan tersebut sebagai upaya implementasi sila ketiga dalam Pancasila.

"Memperkuat sila ketiga kita. Kan selalu ada mitos perang bubat, selalu menyertai alam bawah sadar dua suku bangsa ini. Dengan pemimpin milenialnya memberi pesan lebih baik bersatu, kurangi pertengkaran, kurangi persepsi yang kurang pas. Saya kira itu yang dibutuhkan membangun Indonesia ke depan. Sehingga fokus aja berinovasi," ungkapnya.

Di sisi lain, Ridwan Kamil mengaku banyak pengalaman yang diambil selama berkunjung di Solo. Salah satunya terkait perkembangan Solo yang cepat di bawah kepemimpinan suami Selvi Ananda.

Menururt dia dalam waktu yang singkat banyak proyek strategis yang dilakukan oleh Gibran untuk perkembangan Solo.

"Hebatnya Mas Wali membangun Solo dalam hitungan pendek dengan 10 proyek strategis," jelas dia.

Sebelum meninggalkan Solo untuk kembali ke Jawa Barat, Ridwan Kamil memberikan tips kepada Gibran agar Solo menjadi kota yang nyaman dan membuat betah pengunjung yang datang.

"Saya doakan dan saya kasih tips-tips juga sebagai mantan wali kota dan arsitek bagaimana membangun. Kuncinya bikin Solo betah. Betah itu diterjemahkan jadi fasilitas, jalur pejalan kaki, keteduhan, saya kira udah diperlihatkan," ungkap Ridwan Kamil.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, gagasan nama jalan yang dicontohkan Jalan Siliwangi dan Surakarta untuk menjaga relasi Jawa Tengah dengan Jawa Barat.

"Nanti kita carikan ya. Nanti dibuat di jalan kota. Itu nanti," ungkap Gibran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com