Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Pesona Candi Prambanan

Kompas.com - 29/10/2022, 06:08 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

FAKTA membuktikan secara sulit terbantahkan bahwa Candi Borobudur relatif lebih tersohor ketimbang Candi Prambanan.

Memang ukuran Candi Borobudur jauh lebih besar ketimbang Candi Prambanan. Namun dipandang dari pesona relief-relief yang terukir pada dinding candi jelas bahwa Candi Prambanan sebenarnya tidak kalah indah dibandingkan dengan Candi Borobudur.

Bahkan, menurut pendapat berdasar selera estetikal subyektif saya pribadi, ukiran relief pada dinding bebatuan Candi Prambanan merupakan yang terindah di antara candi-candi yang sempat saya lihat di Indonesia, India, Vietnam, Kamboja, Thailand.

Arsitektur eksterior Candi Prambanan bagi saya juga secara memesona ekspresif mewujudkan bentuk mahkota yang juga hadir pada wayang sebagai warisan kebudayaan Nusantara.

Terus terang tatkala menyaksikan pergelaran di pelataran Candi Prambanan fokus perhatian saya sering terganggu oleh pesona keindahan Candi Prambanan yang sebenarnya “hanya” berperan sebagai latar belakang pergelaran.

Jika bagi Museum Rekor Dunia Indonesia Candi Borobudur merupakan pemegang rekor dunia bangunan monumental Buddhisme terbesar, maka Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia.

Candi Prambanan terletak di Dusun Karangasem, Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi Prambanan merupakan bagian dari gugusan percandian yang mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) dengan nama Prambanan Temple Compounds (Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Asu) dari United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) World Heritage Committee pada 13 Desember 1991 dengan Nomor C. 642.

Candi Prambanan memiliki tiga halaman yang ditata memusat eksplisit pola konsentris. Setiap halaman dibatasi pagar keliling.

Pada halaman utama (pusat) terdapat 16 candi antara lain: 3 candi utama (Candi Brahma, Candi Siwa, Candi Wisnu); 3 candi wahana (Candi Garuda, Candi Nandi, Candi Angsa); 2 Candi Apit (Apit Utara dan Apit Selatan); 4 Candi Kelir; dan 4 Candi Patok.

Apabila memperhitungkan Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, Candi Asu ditambah dengan 16 candi tergabung di dalam gugusan percandian Prambanan, maka Prambanan Temple Compounds dapat diyakini merupakan satu di antara kawasan candi Hindu terbesar di marcapada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com